Kamis, 30 September 2010

The Circular Flow


Bagaimana  sirkulasi Ekonomi Dua Sektor antara rumah tangga (household) dengan perusahaan (firm) jika di aplikasikan dalam sektor industri atau pertanian? (Lihat bukunya Mankiw "Principles of Macroeconomics" pada halaman 21 sampai 23 dan buku dari Samuelson, "Economics" chapter 2, hal 27 -30).

70 komentar:

  1. Kita lihat di sini aliran melingkar ekonomi pasar. Dolar suara konsumen (rumah tangga,
    pemerintah, dan orang asing) berinteraksi dengan penawaran bisnis di pasar produk di atas,
    membantu untuk menentukan apa yang diproduksi. permintaan Bisnis untuk masukan memenuhi penawaran tenaga kerja
    dan masukan lainnya di pasar faktor di bawah ini untuk membantu menentukan upah, sewa, dan bunga
    pembayaran; pendapatan sehingga pengaruh untuk siapa barang diserahkan. Kompetisi bisnis
    membeli input faktor dan menjual barang-barang yang paling murah menentukan bagaimana barang diproduksi.
    wilujeng sinung Utami

    BalasHapus
  2. kita lihat dalam sektor industri...
    konsumen rumah tangga selalu membutuhkan produk atau barang dari suatu perusahaan untuk di konsumsi maupun untuk memenuhi kebutuhan lainya...
    dan perusahaan juga memberikan suatu pelayanan yang bagus terhadap konsumennya, baik dalam faktor pembayaran,menentukan jumlah upah,sewa atau bunga terhadap suatu produk yang dihasilkan

    BalasHapus
  3. kita lihat dari sektor industri... bahwa dari faktor konsumen rumah tanga selalu membutuhkan suatu barang atau jasa yang diproduksi dari suatu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka. sebaliknya perusahaan juga memberikan pelayan terbaik untuk konsumennya,, baik dalam upah,sewa, pembayaran. untuk menghasilkan suatu input faktor dan suatu alat pemuas yang paling murah untuk menentukan bagaimana barang diproduksi.
    i kadek ardy wiranata
    NBI: 211007101

    BalasHapus
  4. Diagram Arus lingkar membagi ekonomi itu ke dalam dua sektor: seseorang terkait dengan memproduksi barang-barang dan jasa, dan lain dengan mengkonsumsi. Sumber daya diubah jadi barang-barang dan jasa bisnis, dan didalam ini perjalanan status diubah kembali ke konsumen. Uang mengalir arah kebalikan. Arus ini melibatkan dua pasar di mana pertukaran berlangsung: sumber daya atau pasar agen di mana bisnis membeli sumber daya, dan barang-barang dan jasa menjual di mana bisnis menjual barang-barang. Beberapa ahli ekonomi menggambarkan a " faktor-faktor produksi" sebagai jasa beberapa sumber daya. Jika sumber daya adalah daratan, tenaga kerja, dan modal, faktor-faktor produksi adalah jasa daratan, tenaga kerja, dan modal. Kita akan mengabaikan pembedaan antara sumber daya dan faktor-faktor produksi.

    Kedua-duanya merupakan model permintaan dan penawaran, dan pilihan konsumen dengan analisa kegunaan adalah unsur-unsur kunci dari suatu pemahaman dari suatu ekonomi pertukaran yang sama-sama saling menguntungkan.

    Ainul Basir
    NBI 211007097

    BalasHapus
  5. dalam rumah tangga dan perusahaan berinteraksi 2 jenis pasar.dimana pasar untuk barang dan jasa ,rumah tangga sebagai pembeli dan perusahaan sebagai penjual.
    diagram diatas menawarkan cara sedehana untuk mengatur transaksi ekonomi antara rumah tangga dan perusahaan.
    2 garis melingkar berbeda tetapi tetap terkait.rumah angga menjual penggunaan tenaga kerja mereka,tanah,dan modal kepada perusahaan dipasar untuk produksi.
    kemudian perusahaan menggunakan faktor-faktor untuk menghasilkan barang dan jasa.
    garis loop diagram merupakan aliran yg sesuai dengan dollar.rumah tangga menghasilkan uang untuk membeli barang dan jasa dari perusahaan,sedangakan perusahaan menggunakan beberapa pendapatan penjualan untuk membaya faktor-faktor produksi seperti upah pekerja mereka sendiri.
    PURWADI
    NBI:211007092

    BalasHapus
  6. Menurut gambar aliran melingkar ekonomi pasar. Dolar suara konsumen (rumah tangga,
    pemerintah, dan orang asing) berinteraksi dengan penawaran bisnis di pasar produk di atas,
    membantu untuk menentukan apa yang diproduksi. permintaan Bisnis untuk masukan memenuhi penawaran tenaga kerja
    dan masukan lainnya di pasar faktor di bawah ini untuk membantu menentukan upah, sewa, dan bunga
    pembayaran; pendapatan sehingga pengaruh untuk siapa barang diserahkan. Kompetisi bisnis
    membeli input faktor dan menjual barang-barang yang paling murah menentukan bagaimana barang diproduksi

    ARIS YULIANA
    211007111

    BalasHapus
  7. kita lihat dalam sektor industri,Dalam konsumen rumah tangga selalu membutuhkan barang dan jasa, barang dan jasa bisa di dapatkan dari perusahaan. intinya rumah tangga sebagai pembeli dan perusahan sebagai penjual.
    perusahaan pelayanannya harus baik apabila barang dan jasa bisa laku terjual ke rumah tangga. barang dan jasa tersebut akan dikonsumsi rumah tangga.diagram 2 arus lingkar ini perusahaan memproduksi barang dan jasa, sedangkan rumah tangga mengkonsumsinya. arus ini bisa melibatkan 2 pasar, dimana bisa melalui pertukaran sumber daya pasar. contoh sumber daya adalah modal dan tenaga kerja, selain melibatkan sumber daya ekonomi pasar ada dolar konsumen yang berinteraksi atas penawaran barang dan jasa di pasar produk. perusahaan membutuhkan modal untuk memproduksi barangnya sehingga bisa menghasilkan uang yang cukup banyak, agar bisa membayar upah pekerja yang selama ini membantunya memproduksi barang dan jasa. dalam hal pertukaran ini keduanya bisa mendapatkan keuntungan yg cukup besar.

    MOCH NUR FUAD
    NBI:211007114

    BalasHapus
  8. Dari diagram di atas nampak bahwa para pelaku ekonomi ternyata memiliki keterkaitan dengan pelaku ekonomi yang lainnya. RTK(Rumah Tangga Konsumen)sebagai penyedia faktor-faktor produksi oleh RTP(Rumah Tangga Produsen).Dan RTP sebagai penyedia barang dan jasa yang dibutuhkan RTK.
    RTK sebagai pemilik faktor-faktor produksi(Jasa,SDM,SDA,dan kewirausahaan)memberikan faktor-faktor tersebut kepada RTP melalui pasar faktor produksi yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan produksi oleh RTP. Kemudian RTP memberikan balas jasa kepada RTK dalam bentuk gaji, uang sewa, bunga, keuntungan. Lalu oleh RTK digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari dengan berbelanja beberapa barang yang dihasilkan oleh RTP

    WELLI KURNIAWAN
    NBI:211007112

    BalasHapus
  9. Dalam siklus ini diumpamakan di aplikasikan pada bidang industri sehingga rumah tangga (household) memberikan atau menawarkan tenaga kerja, tanah, modal, kepada suatu perusahaan (firm). Dan dari situlah perusahaan mendapatkan input untuk melakukan produksi. Setalah memproduksi barang dan jasa kemudian perusahaan tersebut menjual barang produksinya ke pasaran. Barang produksi tersebut akan dibeli oleh rumah tangga sebagai pengeluran mereka. Perusahaan akan mendapatkan pemasukan dari pembelian tersebut. Dari pemasukan yang sudah ada perusahaan akan memberikan upah kepada tenaga kerjanya, mempromosikan perusahaannya kepada masyarakat banyak sehingga dapat menambah konsumen mereka. Dari upah dan bunga (apabila rumah tangga meminjamkan modal) rumah tangga akan mendapatkan pendapatan dari perusahaan tersebut.



    BINTANG ICHTIANTO R
    NBI:211007158

    BalasHapus
  10. Dari aliran kegiatan aktifitas ekonomi 2 sektor antara rumah tangga dengan perusahaan
    Dari kedua kegiatan lingkarang aktifitas ekonomi tersebut akan saling ada keterkaitan diantaranya akan muncul kegiatan :
    1. Rumah tangga akan meberikan aktifitas kepada sebuah perusahan berupa
    - Tenaga kerja
    - Modal
    - Tanah
    - Skill
    2. Perusahaan juga akan memberikan aktifitas kegiatan berupa.
    - Upah
    - Bunga nilai tambah dari pemberian pinjaman
    - Mendapatkan uang sewa
    - Pembagian laba.
    sehingga dapat dijadikan sebuah aplikasi dalam bidang industri dan pertanian yakni menjadi simbiosis mutualisme saling membutuhkan yakni seorang ahli di bidang industri dan pertanian akan dibayar untuk mengembangkan dan apabila industri dan pertanian berkembang maka akan memperoleh imbalan dari yang di kerjakan.

    moh.maskur azid
    NBI:211007140

    BalasHapus
  11. dilihat dari gambar diagram di atas,menunjukkan,bahwa perekonomian tersebut selalu memiliki keterkaitan.
    contoh nya rumah tangga mendapatkan uang dari perusahaan atas pembelian tanah atau lahan utk mendirikana sebuah perusahaan.
    sehingga perusahaan mendapatkan barang jadi dari pihak konsumen.
    di samping itu rumah tangga juga mendapatkan pendapatan dari sewa,upah,dividen dll,atas penjualan yg telah di jual pada perusahaan.

    (jerry anggriawan)
    (211007087)

    BalasHapus
  12. Kita lihat dari dalam sektor industri bahwa faktor konsumen rumah tangga selalu membutuhkan suatu produk,barang/jasa untuk dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Sumber data tersebut dapat di ubah menjadi barang-barang dan jasa untuk berbisnis.Para pelaku ekonomi mempunyai keterkaitan dengan pelaku-pelaku ekonomi seperti rumah tangga,Dalam rumah tangga tersebut dapat memperoleh uang dari suatu perusahaan,apabila konsumen rumah tangga tersebut menjual sesuatu kepada perusahaan.

    BalasHapus
  13. Kita lihat dari dalam sektor industri bahwa faktor konsumen rumah tangga selalu membutuhkan suatu produk,barang/jasa untuk dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Sumber data tersebut dapat di ubah menjadi barang-barang dan jasa untuk berbisnis.Para pelaku ekonomi mempunyai keterkaitan dengan pelaku-pelaku ekonomi seperti rumah tangga,Dalam rumah tangga tersebut dapat memperoleh uang dari suatu perusahaan,apabila konsumen rumah tangga tersebut menjual sesuatu kepada perusahaan.

    Lie LiLiana . S
    NBI : 211007093

    BalasHapus
  14. dari grafik diatas, dapat disimpulkan bahwa antara dua sektor tersebut saling membutuhkan satu sama lain.
    dalam arti untuk keberlangsungan hidup dalam rumah tangga itu sendiri ataupun untuk kelangsungan berjalannya perusahaan.
    disini dapat d jelaskan bahwa sektor rumah tangga mempunyai tenaga,tanah dan skill yang sangat d butuhksn oleh perusahaan tersebut. hal ini rumah tangga mendapat upah dari perusahaan tersebut.
    sedangkan dari pihak perusahaan mempunyai kebutuhan yang di butuhkan oeh rumah tangga.
    dan kebutuhan rumah tangga tersebut dapat d peroleh dari perusaahan karena upah yang d berikan perusahaan kepada rumah tangga.

    siti ruhana
    NBI 211007107

    BalasHapus
  15. Ekonomi dua sektor yang dimaksudkan adalah rumah tangga (household) menyediakan faktor produksi yang berupa alam,tenaga kerja,modal dan skill kepada perusahaan (firm).Dan perusahaan (firm) memberikan balas jasa berupa sewa,upah,bunga,laba kepada rumah tangga (household).Kemudian perusahaan (firm) mengolah factor produksi sehingga menghasilkan barang dan jasa untuk kemudian dikonsumsi oleh rumah tangga (household) yang harus ditukarkan dengan uang.Ekonomi dua sector ini pun dapat kita aplikasikan dalam sector industry atau pertanian.

    rizky dwi wahyuningtyas
    NBI 211007102

    BalasHapus
  16. ekonomi dua sektor ini meliputi rumah tangga dan perusahaan.
    dalam sirkulasi diagram dua sektor ekonomi sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari seperti rumah tangga berperan dengan memberikan tenaga kerja,skill(keahlian),tanah kepada perusahaan.sedangkan perusahaan memberikan upah/gaji,sewa,bunga kepada rumah tangga sirkulas ini sangat berkesinambungan kerenah rumah tangga butuh upah/gaji dari perusahaan untuk memenuhi kubutuhan sehari-hari sedangkan perusahaan membutuhkan tenega,skill untuk memproduksi barang.

    nama :yunus suhendar
    N.B.I :21100711

    BalasHapus
  17. Dalam dua sektor aktivitas ekonomi di atas,
    kedua pihak sangat berperan penting,

    Rumah tangga menawarkan seperti:tenaga kerja,modal,tanah,skill.
    Perusahaan memproduksi dari input tersebut,
    sehingga perusahaan memberikan;upah,bunga,sewa,laba.

    nur muhammad budiman
    nbi :211007171

    BalasHapus
  18. Ekonomi 2 sektor bila diterapkan pada sektor industri atau pertanian contoh penerapan secara singkatnya rumah tangga pastinya memerlukan barang dan jasa industri untuk memuaskan kebutuhannya.Lalu membayarnya kepada perusahaan dengan upah,sewa,dsb.Kemudian perusahaan memperoleh pendapatan(income)dari rumah tangga yang kemudian dikelola untuk keperluan perusahaan seperti gaji karyawan,biaya produksi dsb.

    WELLI KURNIAWAN
    211007112

    BalasHapus
  19. saya melihat dalam grafik dapat di simpulkan bahwa mereka yang secara langsung terlibat dalam hal tersebut saling membutuhkan 1 sama lain.

    contohx:rumah tangga mnjual barang ataupun jasa kapada suatu industri atau perusahaan.

    keluarga mndpatkan upah dari hal tersebut n perusahaan mndapatkan suatu hal yang menbantu perusahaan atau industri tersebut.

    Okky novianto s.b
    NBI:211007123

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  21. Dalam memasuki pasar peran dari tenaga kerja,tanah,modal dan kewirausahaan menjadi sarana arus balik berupa keuntungan dolar ($). Tenaga kerja bukan cuma sebagai pelaksana tugas /tehnis melainkan tenaga kerja kreatif yang menghasilkan produk inovatif. Dengan demikian pemanfaatan tanah dan modal akan lebih tepat guna. Sedangkan kewirausahaan adalah kepekaan menciptakan peluang pasar. Dengan demikian Pengembangan pertanian tidak sekedar komoditas tapi produk agri bisnis.


    Hari Andri Kurniawan
    NBI: 211007122

    BalasHapus
  22. dalam setiap rumah tangga dan perusahaan berinteraksi sesuai yg di ingin kan dan tenaga kerja ,tanah atau modal menjadi keuntungan perusdahaan tenaga kerja hanya sebagai buruh dan modal lebih banyak guna nya sedangkan kan perusahaan membuat peluang baru agar bisa di gunakan oleh masyarakat pengembangan pasar tidak terlalu pesat krana bahan yg di pakai lebih dari modal

    BalasHapus
  23. dalam setiap rumah tangga dan perusahaan berinteraksi sesuai yg di ingin kan dan tenaga kerja ,tanah atau modal menjadi keuntungan perusdahaan tenaga kerja hanya sebagai buruh dan modal lebih banyak guna nya sedangkan kan perusahaan membuat peluang baru agar bisa di gunakan oleh masyarakat pengembangan pasar tidak terlalu pesat krana bahan yg di pakai lebih dari modal

    nama : bagus yaniansyah
    nbi : 211007166

    BalasHapus
  24. saya liat dari grafik
    dalam tenaga kerja,tanah,modal,itu termasuk faktor produksi yg di butuhkan masyarakat dalam sehari hari setiap masyarakat membutuhkan gaji pokok dari perusahaan
    dan perusahaan membuat bahan yg di produksi
    dan tenaga kerja mempunyai sebuah skill atau kemampuan yg digunakan Barang produksi tersebut akan dibeli oleh rumah tangga sebagai bahan pangan masyarakat dan bahan itu pun setiap hari di perlukan oleh mereka

    nama : agung nugroho
    nbi : 211007169

    BalasHapus
  25. Gambar tersebut rumah tangga dari sisi kiri dan perusahaan dari sisi kanan. Rumah tangga memberikan tenaga kerja, kapital, tanah dan kewirausahaan kepada sektor perusahaan melalui pasar sumber daya sebaliknya rumah tangga meminta barang dan jasa dari perusahaan melalui pasar output. Di tinjau dari sisi perusahaan, perusahaan memberikan barang dan jasa kepada rumah tangga melalui pasar output dan perusahaan meminta tenaga kerja, kapital, tanah dan kewirausahaan dari rumah tangga melalui pasar sumber daya. Aliran tersebut didukung dengan aliran pendapatan dan pengeluaran yang megandung penggunaan uang. Permintaan dan penawaran di pasar sumber daya menentukan tingkat upah, bunga, sewa dan laba yang dikalikan dengan sumber daya yang diberikan akan menggambarkan aliran pendapatan kepada rumah tangga. Permintaan dan penawaran di pasar output sangant menentukan harga barang dan jasa yang jika dikalikan dengan jumlah barang dan jasa yang diminta akan menggambarkan penerimaan kepada perusahaan.

    Haryanto
    NBI : 211007130

    BalasHapus
  26. sirkulasi Ekonomi Dua Sektor antara rumah tangga (household) dengan perusahaan (firm) jika di aplikasikan dalam sektor industri atau pertanian maka mereka akan saling melengkapi karena rumah tangga sangat membutuhkan barang-barang dari perusahaan begitu pula perusahaan,
    mereka memang melarikan product mereka ke konsumen spt rumah tangga.
    Jika kedua sektor ini diaplikasikan pada dalam sektor industri akan sangat baik karena para tenaga kerja yang menghasilkan barang-barang industri akan di olah di suatu perusahaan dan akan sama memberi keuntungan.

    Syaifuddin (211007120)

    BalasHapus
  27. Dari gambar tabel di atas saya berpendapat bahwa sirkulasi perekonomian 2 sektor antara HOUSEHOLD dan FIRM merupakan suatu perputaran kegiatan ekonomi yang saling berkaitan,apabila sektor rumah tangga berdiri sendiri maka tidak akan bisa berkembang,karena tidak akan berhenti di satu titik saja,pasti akan saling berhubungan satu sama lain.


    Nama :Aditya Satria
    NBI :211007125

    BalasHapus
  28. Rumah tangga yang mempunyai faktor-faktor produksi kemudian menjualnya kepada perusahaan, perusahaan yg telah embeli faktor-faktor produksi menciptakan barang atau jasa yang nantinya dibeli dan digunakan oleh rumah tangga. Pada setiap saat, beberapa orang membeli sementara yang lain menjual; perusahaan yang menciptakan produk baru sementara pemerintah yang mengesahkandan mengatur undang-undang.
    Jika konsumen ingin barang atau jasa lebih dari yang baik, harga akan naik, mengirimkan sinyal ke produsen yang pasokan lebih dibutuhkan. Ketika suatu penyakit mengerikan mengurangi produksi daging sapi, pasokan daging sapi menurun dan meningkatkan harga hamburger. Harga lebih tinggi mendorong petani untuk meningkatkan produksi mereka , pada saat yang sama, mendorong konsumen
    untuk menggantikan makanan lain untuk hamburger dan daging sapi.
    Harga yang lebih tinggi cenderung mengurangi pembelian konsumen dan mendorong produksi. harga rendah mendorong konsumsi dan menghambat
    produksi.

    nama: rani yuliawati
    nbi: 211007137

    BalasHapus
  29. menurut pendapat saya berdasarkan gambar di atas adalah bahwa perusahaan menghasilkan barang/jasa yang di butuhkan oleh rumah tangga sedangkan rumah tangga menyediakan modal yang di butuhkan oleh perusahaan.
    rumah tangga mendapatkan upah/pendapatan dari perusahaan,pendapatan tersebut yang nantinya akan di pakai untuk membeli barang/jasa yang di hasilkan oleh perusahaan,sehingga perusahaan memperoleh pendapatan/profit.
    sehingga dapat di simpulkan ada keterkaitan antara rumah tangga dengan perusahaan,

    Nama:Ubaidillah
    NBI:211007164

    BalasHapus
  30. dalam lingkaran ekonomi pasar dari konsumen-konsumen tersebut bisa berinteraksi dengan penawaran bisnisyang ada.
    di pasar produk di atas tersebut dan produk barang-barang tersebut akan di beli oleh konsumen sebagai pengeluaran mereka.
    maka dari itu perusahaan akan mendapatkan untung atau pemasukan dari pembelian-pembelian konsumen tersebut.

    META PUTRI
    NBI:211007109

    BalasHapus
  31. Menurut pendapat saya ekonomi 2 sektor ini....saling menguntungkan satu sama lain....dan saling melengkapi..pada dunia ekonomi.. Rumah tangga memberikan bantuan berupa tenaga kerja pada perusahaan sebaliknya perusahaan memberikan upah pada pekerja yg bekerja di perusahaan dan menghasilkan produk yg nantinya akan di dijual kembali ke rumah tangga ataupun masyarakat,.jadi rumah tangga dapat membeli barang di perusahaan dengan uang hasil mereka bekerja di perusahaan.

    Nama : Eko Budi Setiawan
    NBI : 211007138

    BalasHapus
  32. kita lihat dari sektor industri.bahwa konsumen rumah tangga seiaiu membutuhkan produk atau barang dari suatu perusahaan untuk di konsumsi maupun untuk memenuhi kebutuhan lainnya.sebaliknya perusahaan juga memberikan pelayanan terbaik untuk konsumennya.baik dalam upah,sewa pebayaran.karena sama-sama saling mebutuhkan.agar perusahaan bisa mendapatkan pemasukan dari konsumennya tersebut.dan bisa berjalan yang kita inginkan.

    nama:afif amrullah
    nbi:211007121

    BalasHapus
  33. Kita lihat di sini aliran melingkar ekonomi pasar. konsumen (rumah tangga,
    pemerintah, dan orang asing) berinteraksi dengan penawaran bisnis di pasar produk di atas,
    membantu untuk menentukan apa yang diproduksi. permintaan Bisnis untuk masukan memenuhi penawaran tenaga kerja
    dan masukan lainnya di pasar faktor di bawah ini untuk membantu menentukan upah, sewa, dan bunga
    pembayaran merupakan pendapatan sehingga pengaruh untuk siapa barang diserahkan. Kompetisi bisnis membeli input faktor dan menjual barang-barang yang paling murah menentukan bagaimana barang diproduksi.
    Konsumen membeli barang dan menjual faktor produksi,
    usaha menjual barang dan membeli faktor produksi. Konsumen menggunakan penghasilan mereka dari penjualan tenaga kerja dan input lainnya untuk membeli barang dari usaha,
    bisnis dasar harga mereka barang di
    biaya tenaga kerja dan properti. Harga di pasar barang ditetapkan untuk menyeimbangkan permintaan konsumen dengan bisnis pasokan, harga di pasar faktor ditetapkan untuk menyeimbangkan rumah tangga supply dengan tuntutan bisnis.

    ROSA MARINA
    NBI : 211007150

    BalasHapus
  34. saya melihat dari grafik diatas,

    bisa di katakan bahwa antara konsumen/rumah tangga dan produsen/perusahaan sama-sama saling membutuhkan, karena konsumen membutuhkan barang dari produsen, sebaliknya juga produsen memberikan fasiltas atau pelayanan yang terbaik kepada konsumen.
    sehingga dapat di simpulkan bahwa adanya keterkaitan antara rumah tangga/konsumen dengan perusahaan/produsen.


    nama: ryan prastowo
    NBI:211007165

    BalasHapus
  35. Menurut pendapat saya dikatakan ekonomi dua sektor,karena yang diamati adalah hubungan dua pelaku ekonomiyaitu RTK dan RTP,sehingga terjadilah proses bagaimana interaksi antara pelaku ekonomi menghasilkan pendapatan yang digunakan sebagai pengeluaran dalam upaya memaksimalkan nilai kegunaan(Utility).Dalam setiap kegiatan sektor ekonomi,masing-masing sektor memiliki keterkaitan(berinteraksi)seperti sektor rumah tangga(RTK)mempunyai fakyor-faktor produksi tenaga kerja,modal,tanah,uang yg diproduksi perusahaan(RTP) untuk menghasilkan barang dan jasa.Barang dan jasa yang di hasilkan perusahaan diperlukan(RTK)sebagai konsumen,dimana yang pada akhirnya nanti terjadilah pertemuan antara permintaan dan penawaran.

    BalasHapus
  36. Menurut pendapat saya dikatakan ekonomi dua sektor,karena yang diamati adalah hubungan dua pelaku ekonomiyaitu RTK dan RTP,sehingga terjadilah proses bagaimana interaksi antara pelaku ekonomi menghasilkan pendapatan yang digunakan sebagai pengeluaran dalam upaya memaksimalkan nilai kegunaan(Utility).Dalam setiap kegiatan sektor ekonomi,masing-masing sektor memiliki keterkaitan(berinteraksi)seperti sektor rumah tangga(RTK)mempunyai fakyor-faktor produksi tenaga kerja,modal,tanah,uang yg diproduksi perusahaan(RTP) untuk menghasilkan barang dan jasa.Barang dan jasa yang di hasilkan perusahaan diperlukan(RTK)sebagai konsumen,dimana yang pada akhirnya nanti terjadilah pertemuan antara permintaan dan penawaran.
    SRI SUCI UTAMI
    211OO7094

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  38. dilihat dari faktor industrinya, konsumen selalu membutukan barang dan jasa yang di produksi oleh perusahaan. adapun aktivitas" rumah tangga yang diberikan kepada perusahaan dan perusahaan juga sebaliknya, contoh rumah tangga memberikan tenaga kerja,skill sedangkan perusahaan memberikan upa,bunga,dan sewa.


    hendrik ardiansah
    NBI:211007107

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  40. pada gambar diatas dapat disimpulkan dari sudut pandang pelaku ekonomi.

    1. Rumah tangga menerima pendapatan dan menggunakannya untuk membayar pajak kepada pemerintah, mengkonsumsi barang dan jasa, dan berivestasi.
    2. perusahaan menerima pendapatan dari penjualan barang/jasa dan menggunakannya untuk membayar "faktor-faktor produksi".

    Rumah tangga & perusahaan meminjam di pasar keuangan untuk membeli barang-barang investasi,contoh: rumah,tanah,pabrik,dll....

    sedangkan pemerintah mendapatkan pendapatan dari pajak dan menggunakannya untuk membayar belanja pemerintah.

    nama: yessy susanti
    NBI: 211007145

    BalasHapus
  41. pada gambar diatas dapat disimpulkan dari sudut pandang pelaku ekonomi.

    1. Rumah tangga menerima pendapatan dan menggunakannya untuk membayar pajak kepada pemerintah, mengkonsumsi barang dan jasa, dan berivestasi.
    2. perusahaan menerima pendapatan dari penjualan barang/jasa dan menggunakannya untuk membayar "faktor-faktor produksi".

    Rumah tangga & perusahaan meminjam di pasar keuangan untuk membeli barang-barang investasi,contoh: rumah,tanah,pabrik,dll....

    sedangkan pemerintah mendapatkan pendapatan dari pajak dan menggunakannya untuk membayar belanja pemerintah.

    nama: yessy susanti
    NBI: 211007145

    BalasHapus
  42. Dalam corak kegiatan ekonomi subsistem penerima-penerima pendapatan, dalam hal ini rumah tangga, tidak menabung, dan para pengusaha tidak menanam modal.Dalam kegiatan ekonomi seperti ini sekiranya sektor produksi menggunakan seluruh faktor produksi yang ada dalam perekonomian, pengeluaran sektor rumah tangga akan sama dengan nilai barang dan jasa yang diproduksi dalam perekonomian. Ini adalah gambaran yang sangat sederhana yang terjadi pada suatu perekonomian, di mana kegiatan perdagangan pada umumnya masih menggunakan cara barter.

    fendy h.p.

    211007167

    BalasHapus
  43. Rumah tangga merupakan salah satu pelaku ekonomi dalam perekonomian dua sektor selain perusahaan. dalam perekonomian dua sektor. Peran rumah tangga dalam mempengaruhi pendapatan nasional adalah dengan konsumsi (C) maupun tabungan (S).

    Dalam makro ekonomi besarnya konsumsi yang dilakukan oleh sektor rumah tangga ditentukan oleh besarnya konsumsi otonomnya. Semakin besar konsumsi otonom dalam perekonomian akan memperbesar konsumsi rumah tangga. Dari adanya konsumsi yang berlebihan di mana suatu negara tidak dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan sektor rumah tangga, suatu negara tersebut melakukan impor. Dari hal tersebut, maka konsumsi rumah tangga akan mempengaruhi terlaksananya perdagangan internasional di mana sektor impor yang berperan.
    Invesatasi merupakan tambahan kapital dari kapital sebelumnya yang dipergunakan untuk mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.

    NAMA:YAN DWI PRAKOSO
    NIB:211007084

    BalasHapus
  44. sirkulasi dua sektor antara rumah tangga(household) dan perusahaan (firm).
    dalam setiap rumah tangga dan perusahaan itu pasti saling berkaitan/ berhubungan dan juga antara rumah tangga dengan perusahaan itu pasti saling membutuhkan satu sama lain, karena rumah tangga itu menediakan tenaga kerja dll. sedangkan perusahaan memerlukan tenaga kerja.


    nama:syahrul romadlon a
    nib:211007128

    BalasHapus
  45. membahas bahwa rumah tangga mendapatkan penghasilan dan digunakan untuk membeli/mendapatkan barang/jasa yang diproduksi oleh perusahaan.

    pemerintah mendapatkan pendapatan negara dari hasil pajak yang dibayar oleh rumah tangga dan perusahaan.

    jadi seluruh lingkaran tersebut menjelaskan bagaimana permintaan akan barang/jasa (jumlah konsumsi,investasi,dan pembelian pemerintah) dan penawaran barang dan jasa (tingkat produksi) mencapai keseimbangan.

    nama: yulia wardani
    NBI: 211007168

    BalasHapus
  46. Secara umum pasar didefinisikan sebagai suatu mekanisme di mana penjual dan pembeli dapat menentukan harga secara bersama-sama untuk melakukan pertukaran. Pasar menentukan harga tiap barang dan jasa dalam perekonomian. Pasar dapat dikategorikan ke dalam dua besar, yaitu pasar barang dan jasa serta pasar faktor. Pasar faktor merupakan tempat interaksi antara penjual faktor produksi (sektor rumah tangga) yang memiliki tanah, modal, keterampilan dan lainnya, dengan yang meminta faktor produksi yaitu pihak perusahaan.

    Pasar yang terjadi dalam perekonomian merupakan akumulasi dari berbagai pasar barang dan jasa serta pasar faktor produksi. Banyaknya jenis barang/jasa tersebut akan menimbulkan diversifikasi pekerjaan. Selanjutnya, diversifikasi pekerjaan akan menghasilkan spesialisasi, yang akan mendorong timbulnya teknologi atau cara menghasilkan barang dan jasa dengan biaya yang serendah-rendahnya.

    Dalam kenyataannya, tidak semua barang dan jasa bisa dihasilkan melalui mekanisme pasar dengan ‘tangan gaibnya’. Namun terjadi persaingan yang tidak sempurna, yang akhirnya menimbulkan inefisiensi, sehingga harga yang terjadi menjadi demikian mahal atau bahkan sebaliknya dimana barang dan jasa menjadi tidak berharga. Kegagalan sistem ekonomi pasar akan menghasilkan pengaruh yang dapat merugikan perekonomian itu sendiri. Di samping akan menimbulkan pemusatan faktor produksi pada satu pihak tertentu dan mengakibatkan ketimpangan dalam pendapatan.

    Budi Purnomo
    211007154

    BalasHapus
  47. keterkaitan diantara para pelaku rumah tangga ,perusahaan,dan pemerintah dan bagaimana uang itu mengalir diantara mreka mlalui berbagia pasar dalam perekonomian
    rumah tangga menerima pndapatan dan menggunakan untuk membayar pajak
    pemerintah memperoleh pendapatan pajak untuk membayar pembelanjaan

    Nama; Rinaldi s.
    NBI; 211007136

    BalasHapus
  48. Secara umum pasar didefinisikan sebagai suatu mekanisme di mana penjual dan pembeli dapat menentukan harga secara bersama-sama untuk melakukan pertukaran. Pasar menentukan harga tiap barang dan jasa dalam perekonomian. Pasar dapat dikategorikan ke dalam dua besar, yaitu pasar barang dan jasa serta pasar faktor. Pasar faktor merupakan tempat interaksi antara penjual faktor produksi (sektor rumah tangga) yang memiliki tanah, modal, keterampilan dan lainnya, dengan yang meminta faktor produksi yaitu pihak perusahaan.

    Pasar yang terjadi dalam perekonomian merupakan akumulasi dari berbagai pasar barang dan jasa serta pasar faktor produksi. Banyaknya jenis barang/jasa tersebut akan menimbulkan diversifikasi pekerjaan. Selanjutnya, diversifikasi pekerjaan akan menghasilkan spesialisasi, yang akan mendorong timbulnya teknologi atau cara menghasilkan barang dan jasa dengan biaya yang serendah-rendahnya.

    Dalam kenyataannya, tidak semua barang dan jasa bisa dihasilkan melalui mekanisme pasar dengan ‘tangan gaibnya’. Namun terjadi persaingan yang tidak sempurna, yang akhirnya menimbulkan inefisiensi, sehingga harga yang terjadi menjadi demikian mahal atau bahkan sebaliknya dimana barang dan jasa menjadi tidak berharga. Kegagalan sistem ekonomi pasar akan menghasilkan pengaruh yang dapat merugikan perekonomian itu sendiri. Di samping akan menimbulkan pemusatan faktor produksi pada satu pihak tertentu dan mengakibatkan ketimpangan dalam pendapatan.

    Yoga mareta
    211007170

    BalasHapus
  49. Rumah tangga merupakan salah satu pelaku ekonomi dalam perekonomian dua sektor selain perusahaan. dalam perekonomian dua sektor. Peran rumah tangga dalam mempengaruhi pendapatan nasional adalah dengan konsumsi (C) maupun tabungan (S).

    Dalam makro ekonomi besarnya konsumsi yang dilakukan oleh sektor rumah tangga ditentukan oleh besarnya konsumsi otonomnya. Semakin besar konsumsi otonom dalam perekonomian akan memperbesar konsumsi rumah tangga. Dari adanya konsumsi yang berlebihan di mana suatu negara tidak dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan sektor rumah tangga, suatu negara tersebut melakukan impor. Dari hal tersebut, maka konsumsi rumah tangga akan mempengaruhi terlaksananya perdagangan internasional di mana sektor impor yang berperan.
    Invesatasi merupakan tambahan kapital dari kapital sebelumnya yang dipergunakan untuk mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.

    NAMA:YAN DWI PRAKOSO
    NIB:211007084

    BalasHapus
  50. Hasil Sensus Pertanian 2003 mengabarkan jumlah rumah tangga petani gurem dengan penguasaan lahan kurang dari 0,5 hektar—baik milik sendiri maupun menyewa—meningkat 2,6 persen per tahun, dari 10,8 juta rumah tangga (1993) menjadi 13,7 juta rumah tangga (2003).

    Persentase rumah tangga petani gurem terhadap rumah tangga pertanian pengguna lahan juga meningkat, dari 52,7 persen (1993) menjadi 56,5 persen (2003) (Kompas, 3/1/2004).

    KHADAK ROHANI
    211007144

    BalasHapus
  51. Dari adanya konsumsi yang berlebihan di mana suatu negara tidak dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan sektor rumah tangga, suatu negara tersebut melakukan impor. Dari hal tersebut, maka konsumsi rumah tangga akan mempengaruhi terlaksananya perdagangan internasional.

    HALVIN RUMLI

    211007096

    BalasHapus
  52. Dari sirkulasi diatas dapat simpulkan bahwa aliran aliran pendapatanya mempunyai ciri sebagai berikut , - sektor perusahaan menggunakan faktor faktor produksi yang dimiliki rumah tangga.Faktor faktor produksi tersebut memperoleh pendapatan berupa gaji dan upah,sewa,bunga dan untung.
    -Sebagian besar pendapatan yang diterima rumah tangga akan digunakan untuk konsumsi,yaitu membeli barang barang dan jasa jasa yang dihasilkan oleh sektor perusahaan.
    -Sisa pendapatan rumah tangga yang tidak digunakan untuk konsumsi akan ditabung dalam institusi institusi keuangan.
    -Pengusaha yang ingin melakukan investasi akan meminjam tabungan rumah tangga yang dikumpulkan oleh institusi institusi keuangan.
    terimakasih...

    LEONARD ALFREDS
    (211007113)

    BalasHapus
  53. dari sirklus diatas bahwa 2 sektor antara perusahaan dan rumah tangga saling berkaitan dimana perusahaan memberikan barang atau jasa yang perusahaan kasih,dan rumah tanggan mebutuhkan untuk di pakai ataupun di jual kembali sebagai bisnis mereka.sehingga perusahaan bergantung pada konsumen rumah tangga dan perusahaan akan memperoleh laba.dan sirklus tersebut akan terus berputar.

    eko sugiarto
    NBI:211007152

    BalasHapus
  54. Rumah Tangga (RT) merupakan pemilik faktor‐faktor produksi (tanah, modal, tenaga kerja, kewirausahaan..
    Perusahaan merupakan tempat/wadah untuk memproses output (faktor produksi yang berasal dari RT) sehingga perusahaan akan memberikan balas jasa atas fakrot produksi tsb.

    BalasHapus
  55. Dari sirklus d atas menerangkan bahwa rumah tangga menyediakan tenaga kerja,tanah,modal,dan skill.dan perusahaan membeli barang produksi dari rumah tangga dan memberi imbalan berupa upah,sewa,bunga,laba.


    GIGIH P.
    211007117

    BalasHapus
  56. dari gambar diatas menjelaskan bahwa rumah tangga keluarga sangat berperan penting terhadap perusahaan dikarenakan karena rumah tangga keluarga memiliki tenaga kerja,skill,modal,tanah (pasar barang dan jasa )yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan,karena tanpa ini perusahaan tidak akan berjalan dengan baik faktor produktifitasnya dan sebaliknya perusahaan memberikan timbal balik ke rumah tangga keluarga berupa upah,sewa,bunga,laba ( pasar sbr daya)misalkan perusahaan menyewa tanah ke rumah tangga keluarga ,dan yang diperoleh dari rumah tangga keluarga adalah uang sewa,dll
    nama : rico voltadinata
    NBI 211007091

    BalasHapus
  57. pada gambar tersebut menjelaskan bahwa pada setiap kegiatan dalam perekonomian rumah tangga keluarga(tanah,tenaga kerja,dll) saling berkaitan satu sama lain dengan perusahaan(sewa,gaji,dll).

    Nama : Dian bagus permana
    NBI :211007100

    BalasHapus
  58. jika Rumah Tangga dan Perusahaan diaplikasikan pada Pertanian dan industri ,, maka Perusahaan akan banyak meminta kepada Rumah Tangga Tenaga Kerja ,,, Rumah Tangga mengirim Jasa dan Perusahaan mengirim barang,,, Industri dan Pertanian memakai Tenaga kerja dari Rumah Tangga,,, Dan Rumah Tannga menerima Upah atau gaji,,,


    Nama : JEFFRY
    NBI : 211007134

    BalasHapus
  59. Rumah Tangga (RT) merupakan pemilik faktor‐faktor produksi (tanah, modal, tenaga kerja, kewirausahaan..
    Perusahaan merupakan tempat/wadah untuk memproses output (faktor produksi yang berasal dari RT) sehingga perusahaan akan memberikan balas jasa atas fakrot produksi tsb.

    BalasHapus
  60. Dari gambar di atas nampak bahwa saling tergantungnya antara Rumah Tangga dengan Perusahaan dalam hal kegiatan ekonomi. mulai dari melakukan proses produksi sampai melakukan kegialan pemasaran dengan tujuan utamanya memherikan kepuasan terhadap konsumen.

    Nama: Anhaerullah
    NBI: 211007115

    BalasHapus
  61. Permintaan bisnis untuk masukan memenuhi penawaran tenaga kerja dabn masukan lainnya .

    Faktor dibawah ini untuk membantu menentukan upah , sewa dan bunga . Pasar menentukan harga tiap barang dan jasa dalam perekonomian .

    Pasar dibedakan menhjadi dua yaitu pasar barang dan pasar jasa .

    Pasar yang terjadi dalam perekonomian merupakan akumulasi dari berbagai pasar barang dan jasa .








    NAME : AISIYAH MAYA ARINTIKA
    NBI : 211007157

    BalasHapus
  62. pelaku ekonomi memiliki keterkaitan dengan pelaku ekonomi yang lain. RTK(rumah tangga konsumen)sebagai penyedia faktor-faktor produksi yang di butuhkan RTP(rumah tangga produsen)dan RTP itu sendiri sebagai penyedia barang dan jasa yang di butuhkan RTK.
    Faktor produksi(modal,kewirausahaan,SDM,dan SDA)di butuhkan oleh RTP untuk melakukan kegiatan produksi dan dari faktor produksi tersebut RTP memberikan belas jasa kepada RTK seperti gaji,sewa,bunga,keuntungan. hasil dari proses produksi yang di lakukan RTP adalah barang dan jas. di mana barang dan jasa tersebut di hasilkan oleh dunia industri dan di jual kepada RTP melalui pasar barang dan jasa



    Nama : Zainatul Ulfa
    NBI : 211007143

    BalasHapus
  63. dalam keterkaitan alur-Alur ekonomi>dapat di lihat bahwa ada kerkaitan antara RTP dan RTK.RTP mendapatkan keuntungan dari RTK.begitu pula dengan RTK mendapatkan RTK.RTP dan RTK merupakan alur ekonomi yang sling berkaitan dan tidak dapat di putus.

    dita sherlyta
    nbi 211007153

    BalasHapus
  64. Dalam faktor industri konsumen (rumah tangga) membutuhkan barang dan jasa,barang konsumsi dikerjakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia,manfaat nilai atau jumlah barang yang digunakan tersebut akan habis sekaligus atau berangsur-angsur.rumah tangga perusahaan yang dengan singkat kita sebut produsen,produsen atau badan kegiatan ekonomi.
    kegiatan-kegiatan ekonomi rumah tangga meliputi:
    1)sumber-sumber daya dari rumah tangga produsen dan konsumen
    2)membayar pajak
    3)memanfaati barang-barang dan jasa publik
    4)menggunakan sumber-sumber daya yang menghasilkan barang dan jasa
    5)menjual barang dan jasa kepada rumah tangga keluarga,rumah tangga pemerintah dan
    6)juga kepada sesama rumah tangga perusahaan.
    Dalam lingkungan ekonomi rumah tangga (household)mereka memberikan tenaga kerja,tanah ,modal,kepada suatu perusahaan.



    NAMA:RIRIN INDRIYANA
    NBI :211007124

    BalasHapus
  65. Di lihat dari sini dalam linkaran ekonomi rumah tangga (household) memberikan tenaga kerja, tanah, modal kepada suatu perusahaan (firm). dalm rumah tangga konsumen (RTK) yang menghasilkan faktor-faktor produksi yang meliputi:
    1. alam (natural resources)
    2. tenaga kerja (labour)
    3. modal (capital)
    4. keahlian (skill)
    faktor-faktor produksi ini menjual ke pasar produksi sebagai balas jasa akan diterima uang berupa sewa, upah, bunga, dan laba. dari penghasilannya RTK akan membelanjakan uang untuk membeli barang dari pasar barang, membayar pajak kepada pemerintah, sedangkan rumah tangga produsen (RTP) yang membeli dari faktor-faktor rumah tangga (household) dan memberikan uang sebagai balas jasa rumah tangga selanjutnya perusahaan memproduksikan brang atau jasa dan di jual ke pasar. jadi dari sinilah kita bisa mengetahui barang dan jasa yang di hasilkan oleh industri petanian yang di jual kepada RTP melaui pasar barang dan jasa.



    Nama:Ika Himmatul Fitria
    NBI: 211007129

    BalasHapus
  66. ekonomi rumah tangga dan perusahaan dua-duanya saling membutuhkan dan saling menguntungkan karna ekonomi rumah tangga membutuhkan barang dan jasa yang di produksi oleh suatu perusahaan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari
    sedangkan perusahaan sangat membutuhkan rumah tangga konsumen agar pendaptan yang mereka miliki meningkat,dengan memberikan pelayanan yang baik
    aplikasi industri dan pertanian menjadi saling menguntungkan jika kedua-duanya dapat menciptakan sesuatu yang mempunyai harga jual yang tinggi.

    ulfa rainy mukadar
    211007174

    BalasHapus
  67. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia, pada dasarnya merupakan proses pertukaran sumber daya yang dimiliki rumah tangga konsumen (RTK) dengan rumah tangga perusahaan (RTP), dan rumah tangga pemerintah/government (RTG). Kegiatan ekonomi yang begitu banyak dan kompleks dapat dipahami dengan lebih mudah melalui suatu model ekonomi. Keterkaitan antara pelaku-pelaku ekonomi tersebut dapat digambarkan dalam siklus aliran arus uang dan arus barang atau circular flow diagram sebagai berikut.

    1. Sektor RTK membeli barang dan jasa dari sektor RTP di pasar barang (product market) dan sebagai balas jasanya, sektor RTP menerima uang. Dalam arus ini, sektor RTK berperan sebagai pembeli barang dan jasa, sedangkan sektor RTP berperan sebagai penjual. RTP menetapkan harga produk berdasarkan biaya tenaga kerja dan keahlian. Harga di pasar barang ditentukan oleh permintaan RTK dan penawaran RTP. Transaksi barang dan jasa terjadi di pasar barang (product market).

    2. Pendapatan RTK yang dibelanjakan untuk barang dan jasa, diperoleh dari penjualan faktor produksi yang dimilikinya. Sektor RTK menawarkan faktor produksi yang dimilikinya kepada sektor RTP. Sebagai balas jasanya, sektor RTK menerima uang sebagai penghasilan RTK. Dalam arus ini, sektor RTK berperan sebagai penjual faktor produksi, sedangkan sektor RTP berperan sebagai pembeli. Harga di pasar faktor produksi ini ditentukan oleh penawaran RTK dan permintaan RTP. Transaksi ini terjadi di pasar faktor produksi.

    3. Pemerintah (RTG) menggunakan pendapatan dari pajak untuk membeli barang dan jasa dari pasar faktor produksi, pasar barang, dan RTP. Barang dan jasa tersebut digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

    IMAM AMIN
    210506663

    BalasHapus
  68. Diagram Arus lingkar membagi ekonomi itu ke dalam dua sektor: seseorang terkait dengan memproduksi barang-barang dan jasa, dan lain dengan mengkonsumsi. Sumber daya diubah jadi barang-barang dan jasa bisnis, dan didalam ini perjalanan status diubah kembali ke konsumen.
    Jika kedua sektor ini diaplikasikan pada dalam sektor industri akan sangat baik karena para tenaga kerja yang menghasilkan barang-barang industri akan di olah di suatu perusahaan dan akan sama memberi keuntungan.

    YOGA AMIDA
    211007133

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  70. Melalui model pendapatan dan pengeluaran bahwa rumah tangga selalu menyediakan uangnya untuk kebutuhan pasar , dimana pasar tersebut tidak terlepas dari produk - produk tertentu ,,,
    Ketika produk pasar tersebut laku , maka adalah keuntungan bagi perusahaan untuk dapat melanjutkan perkembangan produknya ke masyarakan terutama rumah tangga , yang tentunya melalui faktor kebutuhan pasar ..
    Sementara pemerintah juga akan mendapatkan pendapatan atas pajak perusahaan yang produknya sangat dibutuhkan pasar khususny akebutuhan rumah tangga ..

    Widyanto Eko Susetyo
    NBI : 220708602

    BalasHapus