Senin, 20 September 2010

MakroEkonomi: Aplikasi Pada Pemerintah Daerah

Makro ekonomi merupakan indikator ekonomi keseluruhan (agregat) dari suatu daerah pemerintahan, seperti kabupaten/kota atau propinsi.

59 komentar:

  1. Variabel pada ekonomi makro seperti pendapatan suatu daerah, pertumbuhan ekonomi, belanja pemerintah, kesempatan kerja ataupun pengangguran.

    BalasHapus
  2. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.
    Wilujeng Sinung Utami
    NBI.211007103

    BalasHapus
  3. Ekonomi dapat dipelajari dalam berbagai level. Kita dapat mempelajari keputusan individu yang dibuat oleh rumah tangga dan perusahaan dalam ekonomi. Atau kita dapat mempelajari interaksi antara rumah tangga dengan perusahaan di pasar untuk barang atau jasa yang spesifik. Atau kita dapat mempelajari operasi ekonomi secara keseluruhan.
    Konteks pembahasan pada bagian berikut ini adalah melihat perekonomian yang terdiri dari dua sektor yaitu perusahaan dan sektor rumah tangga.
    WILUJENG SINUNG UTAMI
    NBI.211007103

    BalasHapus
  4. Ekonomi Makro memiliki variabel - variabel kegiatan ekonomi agregatif dalam pasar komoditi. Variabel - variabel ekonomi agregatif yang relavan bagi analisis ekonomi makro untuk masing - masing struktur perekonomian adalah perekonomian tertutup sederhana, perekonomian tertutup dengan kebijakan fiskal, perekonomian terbuka tanpa kebijakan fiskal, perekonomian terbuka dengan kebijakan fiskal.Yang dimana variabel - variabel tersebut dapat mempengaruhi suatu kebijakan pemerintahan, seperti kabupaten/kota atau propinsi.

    Rizky Dwi Wahyuningtyas
    NIB. 211007102

    BalasHapus
  5. Ekonomi makro dapat di gunakan untuk mencapai target-target yang ada dalam sebuah perusahaan.ekonomi makro juga mempunyai variabel yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan perekonomian.dengan adanya ekonomi makro kita dapat menganalisis suatu daerah pemerintahan,kabupaten,kota,dan propinsi untuk mendapatkan indikator agregat yang sesuai kebijakan perokonomian.
    LIE LILIANA.S
    NBI : 211007093

    BalasHapus
  6. ekonomi makro dapat menjadi suatu sarana untuk mancapai target dalam melakukan transaksi ekonomi baik yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai target yang diinginkan...
    dan dapat berguna untuk menganalisis suatu daerah,kota,provinsi atau kabupaten dalam mencapai kebijakan-kebijakan ekonomi..

    Mira miftahul h
    211007106

    BalasHapus
  7. Pelaksanaan desentralisasi fiskal yang dimulai pada tahun 2001 merupakan tantangan baru dalam manajemen ekonomi makro Indonesia. Beberapa negara, seperti India, Brasil, Rusia, dan Cina, pernah menghadapi masalah stabilitas ekonomi makro yang pelik dan berkepanjangan akibat kurang tepat mengelola pelaksanaan desentralisasi fiskal. Salah satu akar permasalahan ini adalah perbedaan orientasi kebijakan ekonomi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pemerintah daerah lebih menghadapi masalah keterbatasan keuangan (financial constraints) daripada keterbatasan ekonomi (economic constraints) yang menjadi perhatian pemerintah pusat. Selain itu pemerintah daerah (Pemda) lebih menaruh perhatian pada masalah alokasi daripada stabilisasi, yang dianggap sebagai beban pemerintah pusat.
    sri suci utami
    NBI:211007094

    BalasHapus
  8. untuk mengatasi permasalahan ekonomi pada tingkat daerah. seperti pengangguran, pembangunan infrastrukur daerah dan APBD. dan dapat berguna untuk menganalisis suatu daerah atau kabupaten dalam mencapai kebijakan ekonomi.
    i kadek ardy w.
    NBI:211007101

    BalasHapus
  9. Makro Ekonomi adalah Cara terbaik untuk menganalisa kegiatan Ekonomi di pemerintahan ataupun daerah daerah lain ataupun yang lain. Inti Makro Ekonomi sebenarnya adalah untuk menganlisa Aktivitas Ekonomi yang terjadi di Daerah atau mengetahui kenyataan sirkulasi pada pasar ekonomi yang terjadi di Masyarakat

    Nama : Eko Budi Setiawan
    NBI : 211007138

    BalasHapus
  10. Indikator makro ekonomi pada Pemerintah , provinsi ataupun daerah kota/kabupaten meliputi PDB Permintaan dan PDB Penawaran. Permintaan meliputi Konsumsi,Investasi , Permintaan Domestik,ataupun meliputi Ekspor dan Impor . Kalau Penawaran..meliputi Pertanian,Pertambangan,ataupun Jasa dll.
    Jadi Makro Ekonomi Penting sekali di Dunia Ekonomi ....karena mampu meneliti ataupun memberikan hasil kegiatan dibidang ekonomi di dalam pemerintahan.

    Nama : Aditya Satria
    NBI : 211007125

    BalasHapus
  11. Aplikasi pada pemerintah daerah adalah suatu aplikasi yang direncanakan pemerintah daerah selanjutnya disusun kedalam agenda kota melalui berbagai upaya dalam penyediaan akses kesempatan kerja dan berusaha menciptakan pendidikan yang bermutu dan terjangkau, fasilitas kesehatan yang menjamin taraf hidup yang wajar yang dicerminkan dengan tingkat harapan hidup (life expectancy) serta meningkatkan kemampuan daya beli.
    .
    Akan tetapi tidaklah semuda di ucapkan, banyak sekali aspek yang di persiapkan, system (E-Government Framework dan aplikasi yang bekerja didalamnya) dan yang terpenting adalah kesiapan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk menggunakan tekhnologi ini dalam menyelenggarakan kegiatan kepemerintahan daerah.

    BalasHapus
  12. Makro ekonomi Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan dari berbagai variabel diantaranya pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi untuk mengatasi masalah-masalah jangka pendek & jangka panjang,maupun neraca pembayaran.

    MOCH. NUR FUAD
    NBI : 211007114

    BalasHapus
  13. Sebagai pelaku bisnis sebaiknya dapat mengikuti perkembangan perekonomian Indonesia secara umum, sehingga mampu untuk mengantisipasi kemungkinan pengaruh buruk yang dihasilkan; atau memanfaatkan peluang-peluang bisnis dari perkembangan perekonomian tersebut, Oleh sebab itu makro ekonomi merupakan indikator ekonomi dari suatu pemerintah

    BalasHapus
  14. Ilmu ekonomi mempelajari bagaimana individu dan masyarakat memanfaatkan sumber daya terbatas yang diwariskan oleh alam dan generasi terdahulu.Lingkup dari ilmu ekonomi terbagi dua yaitu ekonomi mikro dan makro. Makro ekonomi merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari agregat ekonomi(pendapatan, output, pekerjaan,dsb) dalam skala nasional.Pertumbuhan ekonomi dari suatu daerah pemerintahan dapat didefenisikan sebagai “perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksikan dalam masyarakat bertambah”.

    WELLI KURNIAWAN
    211007112

    BalasHapus
  15. dalam aplikasinya ekonomi makro merupakan suatu indikator untuk mengetahu pendapatan,pertumbuhan,pembangunan,dll dari suatu daerah atau propinsi dan mengetahui unemployment rate suatu daerah sehingga pemerintah mungkin perlu mengedakan pemerataan pembangunan yang berguna untuk pemeratan bidang" industri atau bidang lain yang bertujuan untuk mengembang suatu negara atau suatu pemerintahan.

    Moh.Maskur azid
    NBI: 211007140

    BalasHapus
  16. Makro ekonomi Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian Indonesia secara umum, sehingga mampu untuk mengantisipasi kemungkinan pengaruh buruk yang dihasilkan.

    (jerry anggriawan)
    (211007087)

    BalasHapus
  17. Makro ekonomi lebih memfokuskan masalah-masalah pokok tiap negara,peranan uang serta siklus bisnis sehingga mampu mengantisipasi pengaruh buruk tiap-tiap negara dan perekonomian bisnis.



    suci murtika pratiwi
    211007090

    (suci murtika pratiwi)
    (211007090)

    BalasHapus
  18. Ilmu ekonomi makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variabel-variabel tersebut antara lain : pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional.

    angga christava megantara
    NBI : 211007126

    BalasHapus
  19. Makro ekonomi merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari agregat ekonomi(pendapatan, output, pekerjaan,dsb) dalam skala nasional.
    perekonomian terbuka dengan kebijakan fiskal.Yang dimana variabel - variabel tersebut dapat mempengaruhi suatu kebijakan pemerintahan, seperti kabupaten/kota atau propinsi dan sbb'.
    Beberapa negara, seperti India, Brasil, Rusia, dan Cina, pernah menghadapi masalah stabilitas ekonomi makro yang pelik dan berkepanjangan akibat kurang tepat mengelola pelaksanaan desentralisasi fiskal.



    ((HALVIN RUMLI))

    (211007096)

    BalasHapus
  20. Makro ekonomi adalah suatu indikator ekonomi yang ada pada pemerintahan,provinsi,maupun daerah kota/kabupaten.Di dalam makro ekonomi kita dapat mempelajari tentang pengaruh kegiatan ekonomi yang ada di negara Indonesia.

    LIE LILIANA . S
    NBI: 211007093

    BalasHapus
  21. krana ekonomi adalah kebutuhan sehari hari yg di butuhkan oleh masyarakt dan perekonomian suatu kabupaten, berbeda beda dengan kota atau pun propinsi krana pendapattan nya pun berbeda beda dan indikator ekonomi yg dapat di pakai oleh masyarakat di propinsi atau pun di kabupaten dan di kota dan ekonomi kita tidak berpengaruh kepada kota lain ataupun negara lain dan sistem yg di buat pu lain

    nama : agung nugroho

    NBI :211007169

    BalasHapus
  22. DARI beberapa indikator makroekonomi Kota-kota di berbagai daerah, maka kebijakan ekonomi yang direncanangkan selanjutnya disusun kedalam berbagai agenda Kota-kota di berbagai daerah tersebut melalui berbagai upaya dalam penyediaan akses kesempatan kerja dan berusaha, pendidikan yang bermutu dan terjangkau, fasilitas kesehatan yang menjamin taraf hidup yang wajar yang dicerminkan dengan tingkat harapan hidup (life expectancy), serta meningkatnya kemampuan daya beli.

    Agenda ekonomi ini diuraikan kedalam prospek perekonomian berbagai Kota di beberapa daerah sebagai berikut:
    Meningkatnya kesejahteraan masyarakat melalui 1. Pertumbuhan ekonomi
    2. Tercapainya stabilitas ekonomi
    3. Neraca Perdagangan
    4. Keuangan Daerah


    siti ruhana
    NIB : 211007107

    BalasHapus
  23. indikator yg saya liat sekarang dan ekonomi berbagai daerah maupun kota kota
    dan si setiap kota atau pun daerah mempunyai fasilitas yg berbeda dalam penyediaan akses kesempatan kerja,dan sekarang kebanyakan masyarakat menjadi penganguran krana ekonomie tidak mencakup sesuai yg di butuhkan oleh masyrakat dan pemerintah daerah atau kota tidak bisa bergerak selancar yg kita inginkan krana terlalu banyak penganguran

    BalasHapus
  24. indikator yg saya liat sekarang dan ekonomi berbagai daerah maupun kota kota
    dan si setiap kota atau pun daerah mempunyai fasilitas yg berbeda dalam penyediaan akses kesempatan kerja,dan sekarang kebanyakan masyarakat menjadi penganguran krana ekonomie tidak mencakup sesuai yg di butuhkan oleh masyrakat dan pemerintah daerah atau kota tidak bisa bergerak selancar yg kita inginkan krana terlalu banyak penganguran

    nama : bagus yaniansyah
    nbi : 211007166

    BalasHapus
  25. ekonomi makro dapat menjadi suatu sarana untuk mencaoai target yg maksimal dalam melakukan transaksi ekonomi yang di jalni oleh perusahaan untuk mendapatkan target yang sudah di klop kan.


    meta putri
    211007109

    BalasHapus
  26. Ekonomi makro merupakan suatu indikator untuk mengetahui pendapatan,pertumbuhan, dan pembangunan.

    Dari suatu daerah atau propinsi, sehingga pemerintah mungkin perlu mengadakan pemerataan pembangunan.
    Pembangunan itu berguna untuk pemeratan bidang industri atau bidang lain yang bertujuan untuk mengembang suatu negara.

    Nur Muhamad Budiman
    NBI : 211007171

    BalasHapus
  27. ekonomi makro mencakup keseluruhan dari perekonomian di negara. jadi, ekonomi makro di identifikasikan sebuah cakupan dari perjalanan ekonomi dinegara itu sendiri

    BalasHapus
  28. makro ekonomi adalah suatu hal yang penting dalam suatu nagara,provinsi,ataupun kabupaten untuk mengatasi persoalan ekonomi dalam negara,provinsi atau kbupaten tersebut.

    ekonomi makro juga dapat menghitung suatu pengangguran dalam daerah-daerah tersebut.

    Okky novianto s.b
    NBI:211007123

    BalasHapus
  29. ekonomi makro dapat digunakan untuk mengetahui pendapatan suatu daerah. dengan adanya ekonomi makro kita dapat menganalisis suatu daerah untuk mendapatkan agregat yang sesuai dengan kebijakan perekonomian makro


    Hendrik ardiansah
    NBI:211007108

    BalasHapus
  30. makro ekonomi merupakan cara terbaik untuk menganalisa kegiatan ekonomi dari pemerintahan ataupun daerah-daerah lainnya.makro ekonomi menganalisa aktivitas ekonomi yang terjadi di daerah atau mengetahui kenyataan sirkulasi pada pasar ekonomi yang di masyrakat sekitar.

    BalasHapus
  31. hal itu terjadi karena pada suatu daerah harus memiliki suatu sistem ekonomi yang kuat, sehingga tidak tergantung pada suatu daerah lain apalagi negara. maka makro ekonomi pada suatu daerah harus di perketat, karena membawa nama baik ntuk wilayah tersebut dan juga negara.

    fendy h.p.

    211007167

    BalasHapus
  32. Di tengah pemulihan ekonomi yang masih lambat ini, perekonomian nasional dihantui pula dengan ambisi nasional untuk melakukan otonomi daerah dan desentralisasi.

    Budi purnomo
    211007154

    BalasHapus
  33. Manfaat yang diperoleh daerah dari pelaksanaan otonomi daerah tentu tidak hanya dibatasi pada makin besarnya kekuasaan politik yang dimiliki pemerintah lokal dan makin besarnya pembagian kekayaan negara untuk pemerintah lokal. Salah satu keuntungan yang harusnya diperoleh adalah perbaikan kualitas pendidikan dengan adanya otonomi pendidikan. Daerah bisa lebih berkonsentrasi mengembangkan berbagai keunggulan daerahnya untuk dirumuskan dalam kebijakan pendidikannya. Sayangya, wacana tentang otonomi pendidikan atau manfaat otonomi daerah dan implikasinya terhadap pengembangan pendidikan di daerah jarang sekali mendapat perhatian publik. Perdebatan tentang otonomi daerah hanya berkisar pada perebutan kekuasaan antara pusat dan daerah.

    NAMA:YAN DWI PRAKOSO
    NIB:211007084

    BalasHapus
  34. Pada dasarnya sirkulasi aliran pendapatan yang digambarkan dalam analisis makroekonomi menunjukkan interaksi diantara sektor perusahaan dengan sektor- sektor yang menjadi pembeli barang-barang yang d iproksikan sektor perusahaan. Aliran pendapatan timbul sebagai akibat :
    1. penggunaan faktor-faktor produksi yang dimiliki rumah tangga
    2. aliran pajak dan pungutan pemerintah yang lain

    Sedangkan aliran pembelanjaan timbul sebagai akibat pembelian-pembelian atas barang dan jasa yang dihasilkan sektor perusahaan oleh rumah tangga pemerintah dan penduduk luar negeri.

    Yoga Mareta
    211007170

    BalasHapus
  35. Dalam konteks pembangunan ekonomi, kapasitas pemerintah daerah lebih diarahkan sebagai motivator maupun regulator yang dapat menjamin terwujudnya kepastian berusaha bagi masyarakat luas. Dalam kaitan ini, berbagai upaya penciptaan segala aturan diharapkan dapat menjadi landasan sekaligus merupakan bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan usaha di daerah.

    Terciptanya kepastian hukum serta deregulasi aturan yang dibuat pemerintah daerah sangat diperlukan dalam rangka memberikan stimulasi bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan ekonomi di daerah. Di samping mewujudkan kepastian berusaha, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, maka pemerintah juga melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur perkotaan yang menjadi salah satu daya tarik bagi dunia usaha untuk melakukan segala aktivitas.

    Pertumbuhan ekonomi suatu daerah akan berdampak positif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat, meskipun pada banyak hal pertumbuhan ini tidak secara serta merta menggambarkan distribusi yang relatif proporsional terhadap masyarakat.Stabilitas ekonomi merupakan bagian terpenting lainnya dalam konteks pembangunan masyarakat. Upaya mencapai stabilitas ekonomi pada esensinya diarahkan untuk menjamin keberlangsungan hidup masyarakat terutama dalam kaitannya dengan kemampuan masyarakat dalam memperoleh berbagai barang dan jasa.

    Stabilitas ekonomi daerah yang tercermin dari berbagai indikator merupakan salah satu sasaran pembangunan daerah serta menunjukan kemampuan pemerintah daerah dalam mempertahankan kondisi ekonomi secara umum, meskipun kondisi perekonomian di daerah tidak terlepas dari kondisi ekonomi secara nasional. Secara spatial, letak strategis Kota Pangkalpinang yang berada pada lintasan distribusi barang dan jasa menjadikannya sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW).


    NAMA:YAN DWI PRAKOSO
    NIB:211007084

    BalasHapus
  36. Manfaat yang diperoleh daerah dari pelaksanaan otonomi daerah tentu tidak hanya dibatasi pada makin besarnya kekuasaan politik yang dimiliki pemerintah lokal dan makin besarnya pembagian kekayaan negara untuk pemerintah lokal. Salah satu keuntungan yang harusnya diperoleh adalah perbaikan kualitas pendidikan dengan adanya otonomi pendidikan. Daerah bisa lebih berkonsentrasi mengembangkan berbagai keunggulan daerahnya untuk dirumuskan dalam kebijakan pendidikannya. Sayangya, wacana tentang otonomi pendidikan atau manfaat otonomi daerah dan implikasinya terhadap pengembangan pendidikan di daerah jarang sekali mendapat perhatian publik. Perdebatan tentang otonomi daerah hanya berkisar pada perebutan kekuasaan antara pusat dan daerah.

    NAMA:YAN DWI PRAKOSO
    NIB:211007084

    BalasHapus
  37. ekonomi makro dapat di gunakan untuk mengaetahui perkembangan perekonomian di suaatu daerah, dan juga untuk pengetahuan tentang pbagaimana perekonomian di daerah apakah mengalami kemajuan / maengalami penurunan.




    nama:syahrul romadlon a
    nib:211007128

    BalasHapus
  38. Para pakar ekonomi menggunakan banyak jenis data untuk mengukur kinerja perekonomian. Tiga variabel makroekonomi yang penting untuk mengukur kinerja perekonomian suatu daerah adalah: produk regional domestik bruto riil (PDRB-riil ), tingkat inflasi, dan tingkat pengangguran. Besaran-besaran daripada indikator tersebut di Kabupaten Karo.

    KHADAK ROHANI
    211007144

    BalasHapus
  39. Makro Ekonomi Suatu teori atau aplikasi Untuk meMperhintungkaN pertumbuhan ekonomi baik berupa suatu kinerja pemerintah untuk memperkecil pengangguran, inflasi, APBN Dan APBD.guna untuk mencapai atau mengetahui hasil pertumbuhan ekonomi

    R.Andrew.B
    211007098

    BalasHapus
  40. Ilmu ekonomi makro adalah teori tentang perilaku pengeluaran konsumen total, investasi bisnis total dan pembelian pembelian total yang dilakukan pemerintah untuk tujuan konsumsi atau investasi di dalam suatu perekonomian.

    BalasHapus
  41. Perbelanjaan masyarakat ke atas barang dan jasa,adalah faktor utama yang menentukan tingkat kegiatan ekonomi yang dicapai suatu negara.Bahwa dalam sistem pasar bebas penggunaan tenaga kerja penuh tidak selalu tercipta dan diperlukan usaha dan kebijakan pemerintah untuk menciptakan tingkat penggunaan tenaga kerja penuh dan pertumbuhan ekonomi yang teguh.
    terimakasih...

    LEONARD ALFREDS
    (211007113)

    BalasHapus
  42. ekonomi makro adalah aplikasi smua ilmu ekonomi dari sektor yang paling bawah(kelurahan) sampai paling atas(nasional).
    Ekonomi makro mempelajari smua ekonomi dari negara tersebut yang akan dibahas.
    ekonomi makro meliputi RAPBN,APBN,LKKP sampai masalah detail ilmu ekonomi.
    Purwadi
    NBI:211007092

    BalasHapus
  43. makroekonomi adalah salah satu pelajaran yang biasanya dipergunakan dalam memantau kegiatan perekonomian suatu negara.

    Nama :Dian bagus permana
    NBI :211007100

    BalasHapus
  44. Makro Ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari ttg Pengaturan ekonomi di Sektor bawah sampai sektor atas... Makro Ekonomi lebih menekankan pada Kerja sama antara Perusahaan dan rumah Tangga ...Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

    Nama : JEFFRY
    NBI : 211007134

    BalasHapus
  45. ekonomi makro dapat di gunakan untuk mengaetahui perkembangan perekonomian di suaatu daerah, dan juga untuk pengetahuan tentang pbagaimana perekonomian di daerah apakah mengalami kemajuan / maengalami penurunan.

    BalasHapus
  46. Ekonomi makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makro ekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

    nama : rani yuliawati
    nbi : 211007137

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  48. Ekonomi Makro merupakan studi tentang kegiatan ekonomi di dunia maupun di dalam negeri kita sendiri.
    Kegiatan ekonomi inipun sangat dapat mempengaruhi mertembuhan atau perkembangan suatu negara tersebut atau terhadap negar lai

    Nama: Anhaerullah
    NBI: 211007115

    BalasHapus
  49. Perbelanjaan masyarakat ke atas barang dan jasa,adalah faktor yang paling utama yang menentukan tingkat kegiatan ekonomi yang dicapai oleh suatu negara.Bahwa dalam sistem pasar bebas tenaga kerja penuh tidak selalu tercipta dan diperlukan usaha dan kebijakan pemerintah untuk menciptakan tingkat penggunaan tenaga kerja penuh dan pertumbuhan ekonomi yang teguh.dan ketika banyaknya tenaga kerja yang di pergunakan makapertumbuhan ekonomi juga ikut maju.dikarenakan antara pertumbuhan ekonomi tidak lepas dari pertumbuhan tenaga kerja yang sudah mendapatkan pekerjaan yang layak.

    dita sherlyta
    nbi 211007153

    BalasHapus
  50. Dalam aplikasinya ekonomi makro merupakan suatu indikator untuk mengetahui pendapatan,pertumbuhan,pembangunan. lingkup dr ilmu ekonomi terbagi 2 yaitu ekonomi makro dan mikro. ekonomi makro merupakan indikator ekonomi dari suatu pemerintah karena mampu untuk mengantisipasi kemungkinan pengaruh buruk yang di hasilkan

    Nama:Zainatul Ulfa
    NBI :211007143

    BalasHapus
  51. Makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruan)yang sejauh mana berbagai sumber daya telah di manfatkan di dalam kegiatan ekonomi atau yang disebut (full employment) kegiatan ekonomi di berbagai kota maupun provinsi bisa dihitung melalui perhitungan produk domestik bruto atau disebut (PDB)


    NAMA:RIRIN INDRIYANA
    NBI :211007124

    BalasHapus
  52. Makro ekonomi merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari perekonomian negara dan perekonomian global yang secara menyeluruh.
    jika kita melihat berbagai indikator ekonomi makro nasional seperti pertumbuhan ekonomi, yang lazim juga disebut sebagai pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB), ataupun pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) pada level regional. Di samping PDB dan PDRB, dikenal pula indikator ekonomi makro lainnya seperti inflasi, indeks harga konsumen (IHK), tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan, dan lainnya.
    Kitapun memahami bahwa berbagai indikator ekonomi makro sebagaimana telah disebutkan, berguna untuk mengevaluasi kinerja pertumbuhan produksi ataupun konsumsi barang dan jasa. Namun indikator ekonomi makro mempunyai keterbatasan tersendiri, khususnya jika dimaksudkan untuk mengevaluasi kesejahteraan masyarakat. Pendapatan per kapita yang didekati dengan PDRB per kapita misalnya belum memberikan gambaran yang lebih riil tentang kesejahteraan.
    misalnya: indikator ekonomi makro di Kepuluauan Riau, rasanya tidaklah adil jika kesalahan semata ditujukan pada keterbatasan ataupun kelemahan sumber daya manusia, kualitas data yang tersedia tidak didukung oleh perangkat infrastruktur seperti jaringan informasi dan teknologi komunikasi antar instansi pemerintah daerah, baik antar kabupaten dan provinsi maupun maupun intra provinsi.
    oleh karena itu, ekonomi makro sangatlah penting untuk suatu daerah pemerintahan baik kabupaten/kota maupun propinsi.


    Nama: Ika Himmatul Fitria
    NBI: 211007129

    BalasHapus
  53. Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.




    Liya Mauliyana
    NBI : 211007162

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  55. Makro Ekonomi merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang peristiwa-peristiwa ekonomi secara keseluruhan dalam suatu perekonomian. bahasannya : analisis pendapatan nasional, kesempatan kerja, perubahan harga (inflansi/deflasi), neraca pembayaran internasional. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.
    Hingga 1930 sebagian besar analisis ekonomi terfokus pada industri dan perusahaan. Ketika terjadi Depresi Besar pada tahun 1930-an, dan dengan perkembangan konsep pendapatan nasional dan statistik produk, bidang ekonomi makro mulai berkembang. Saat itu, gagasan-gagasan yang terutama berasal dari John Maynard Keynes, yang menggunakan konsep aggregate demand untuk menjelaskan fluktuasi antara hasil produksi dan tingkat pengangguran, sangat berpengaruh dalam perkembangan bidang ini. Keynesianisme didasarkan pada gagasan-gagasannya.

    CRYSTAL VALENSIA SANTO
    NBI : 211007149

    BalasHapus
  56. ekonomi makro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari ekonomi secara menyeluruh
    dengan adanya ekonomi makro yang baik maka seluruh perekonomian yang berjalan dengan baik dan berkembang dengan kebutuhan2 ekonomi lainnya
    mungkin dengan adanya ekonomi makro dapat mengurangi jumlah pengganggurn dan jumlah kemiskinan,asalkan semuanya berjalan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

    BalasHapus
  57. Ekonomi makro suatu daerah merupakan pendekatan ekonomi secara luas atau masalah-masalah ekonomi yang bersifat umum. Mengenai masalah inflasi, pengangguran, ketimpangan neraca pembayaran, pendapatan maupun pertumbuhan ekonomi disuatu daerah.

    IMAM AMIN
    210506663

    BalasHapus
  58. ekonomi makro menjelaskan secara menyeluruh masalah-masalah ekonomi yang terjadi pada ruang lingkup yang luas.
    pertama, masalah utama (main or central problem) setiap tingkah laku ekonomi, atau masalah utama di dalam ilmu ekonomi adalah masalah pemilihan (problem of choice).
    jadi dapat disimpulkan bahwa ekonomi makro sangat berpengaruh pada kemampuan suatu bangsa (pemerintahan) untuk menangani masalah-masalah di dalam dan di luar negerinya, sehingga juga amat berpengaruh dalam menentukan bangkit runtuhnya suatu bangsa tersebut.

    YOGA AMIDA
    211007133

    BalasHapus
  59. Stabilitas perekonomian adalah prasyarat dasar untuk tercapainya peningkatan kesejahteraan rakyat melalui pertumbuhan yang tinggi dan peningkatan kualitas pertumbuhan. Stabilitas perekonomian sangat penting untuk memberikan kepastian berusaha bagi para pelaku ekonomi. Stabilitas ekonomi makro dicapai ketika hubungan variabel ekonomi makro yang utama berada dalam keseimbangan, misalnya antara permintaan domestik dengan keluaran nasional, neraca pembayaran, penerimaan dan pengeluaran fiskal, serta tabungan dan investasi. Hubungan tersebut tidak selalu harus dalam keseimbangan yang sangat tepat. Ketidakseimbangan fiskal dan neraca pembayaran misalnya tetap sejalan dengan stabilitas ekonomi asalkan dapat dibiayai secara berkesinambungan...

    widyanto eko susetyo
    NBI : 220707602

    BalasHapus