Kamis, 30 September 2010

The Circular Flow

21 komentar:

  1. Kegiatan ekonomi dua sektor hanya melibatkan dua pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga dan perusahaan.Dalam corak kegiatan ekonomi subsistem penerima-penerima pendapatan, dalam hal ini rumah tangga, tidak menabung, dan para pengusaha tidak menanam modal.Dalam kegiatan ekonomi seperti ini sekiranya sektor produksi menggunakan seluruh faktor produksi yang ada dalam perekonomian, pengeluaran sektor rumah tangga akan sama dengan nilai barang dan jasa yang diproduksi dalam perekonomian. Ini adalah gambaran yang sangat sederhana yang terjadi pada suatu perekonomian, di mana kegiatan perdagangan pada umumnya masih menggunakan cara barter.Dalam perekonomian yang lebih maju, penerima-penerima pendapatan akan menyisihkan sebagian pendapatan mereka untuk ditabung. Tabungan ini akan dipinjamkan kepada pengusaha yang akan menggunakannya untuk investasi, yaitu melakukan pembelian barang-barang modal.



    NAMA:YAN DWI PRAKOSO
    NIB:211007084

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. perekonomian 2 faktor hanya melibatkan household(rumah tangga) dan firms(perusahaan_),dimana sumber daya yang dimiliki oleh rumah tangga untuk disalurkan ke perusahaan dengan mengarapkan mendapatkan suatu hasil atau upah,
    dan yang menjadi kendala bagi konsumen adalah anggaran yang harus di keluarkan dalam memenuhi kebutuhan,namun bagi perusahaan yang menjadi kendala adalahmeminimalkan biaya/coast

    nama: mira miftahul hidayah
    n.b.i: 211007106

    BalasHapus
  4. The Circular Flow artinya Arus Edaran antara Rumah Tangga dan Perusahaan,,

    Nama : jeffry
    NBI : 211007134

    BalasHapus
  5. peranan rumah tangga dan perusahaan itu saling berkaitan.

    BalasHapus
  6. Di sini menjelaskan bahwa The circular Flow adalah Arus Edaran yang menceritakan kegiatan antara Perusahaan dan Rumah Tangga.


    DIAN BAGUS PERMANA
    NBI ; 211007100

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. THE CIRCULAR FLOW adalah arus edaran yang berupa kegiatanekonomi yang di lakukan oleh perusahaan dan rumah tangga ,guna untuk mendapatkan keuntungan bagi kedua belah pihak

    JERRY ANGGRIAWAN
    NBI=211007087

    BalasHapus
  9. The circular flow dapat di artikan sebagai peranan rumah tangga dan perusahaan yang saling berkaitan.

    LIE LILIANA.S
    NBI : 211007093

    BalasHapus
  10. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia, pada dasarnya merupakan proses pertukaran para pelaku ekonomi. Kegiatan ekonomi yang begitu banyak dan kompleks dapat dipahami dengan lebih mudah melalui suatu model ekonomi. Keterkaitan antara pelaku-pelaku ekonomi tersebut dapat digambarkan dalam siklus aliran arus uang dan arus barang atau circular flow diagram yang secara sederhana dapat dijelaskan beberapa arus transaksi yang terjadi antara produsen dengan konsumen sebagaimana berikut ini:
    a. arus penyediaan faktor produksi yang terdiri dari unsur tanah, tenaga kerja, kapital, kewirausahaan;
    b. arus balas jasa faktor produksi atau pendapatan yang terdiri atas unsur sewa
    tanah, upah dan gaji, bunga, deviden, serta keuntungan;
    c. arus pengeluaran untuk kebutuhan konsumsinya, dan
    d. arus barang dan jasa yang menjadi konsumsi.

    Aliran faktor produksi dari rumah tangga ke produsen akan menyebabkan terjadinya arus balik dari produsen ke rumah tangga dalam bentuk pendapatan atau yang disebut sebagai balas jasa faktor produksi.
    Pendapatan faktor yang dibayarkan oleh produsen tersebut merupakan sumber penerimaan bagi rumah tangga yang pada gilirannya akan digunakan untuk membiayai kebutuhan konsumsinya. Konsumsi (akhir) tersebut meliputi penggunaan berbagai produk barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen (perusahaan); Atau dengan kata lain pendapatan di satu sisi akan sama dengan penggunaan pendapatan di sisi yang lain. Dengan demikian maka aliran produk barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen akan sama dengan aliran uang yang dibayarkan oleh rumah tangga untuk membeli barang dan jasa tersebut.

    Nama : rani yuliawati
    Nbi: 211007137

    BalasHapus
  11. THE CIRCULAR FLOW bisa di artikan sebagai peranan hidup dalam rumah tangga yang berkaitan dengan perusahaan yang ada


    NAMA:RIRIN INDRIYANA
    NBI :211007124

    BalasHapus
  12. The curcular flow merupakan istilah aliran melingkar pendapatan atau aliran sirkuler mengacu pada model ekonomi sederhana yang menggambarkan sirkulasi timbal balik laba rugi antara produsen dan konsumen. Dalam model aliran melingkar, entitas yang saling bergantung dari produsen dan konsumen disebut sebagai "perusahaan" dan "rumah tangga" masing-masing dan saling memberikan dengan faktor-faktor dalam rangka untuk memfasilitasi aliran pendapatan. Perusahaan menyediakan konsumen dengan barang dan jasa dalam pertukaran untuk pengeluaran konsumen dan "faktor produksi" dari rumah tangga. Model aliran sirkuler telah dikritik oleh ekonomi ekologi karena gagal untuk menunjukkan bahwa perekonomian memiliki akar fisik di lingkungan yang lebih besar, dan karenanya untuk berada di akar ketidakmampuan model neoklasik membuat konsep kendala efektif lingkungan dan biaya, seperti global perubahan iklim dan hilangnya jasa ekosistem yang mengarah pada pertumbuhan ekonomis.

    Lingkaran uang mengalir melalui ekonomi adalah sebagai berikut: pendapatan total yang dihabiskan (dengan pengecualian dari "kebocoran" seperti menyimpan konsumen), sedangkan yang pengeluaran memungkinkan penjualan barang dan jasa, yang pada gilirannya memungkinkan pembayaran pendapatan ( seperti upah dan gaji). Pengeluaran berdasarkan pinjaman dan kekayaan yang ada yaitu, "suntikan" seperti investasi akan menambah total pengeluaran.

    Dalam keseimbangan, kebocoran suntikan sama dan aliran sirkuler tetap dengan ukuran yang sama. Jika suntikan melebihi kebocoran, aliran melingkar tumbuh (misalnya, ada kemakmuran ekonomi), sedangkan jika mereka kurang dari kebocoran, menyusut aliran sirkuler yaitu ada resesi).

    Lebih lengkap dan realistis model aliran sirkuler lebih kompleks. Mereka secara eksplisit akan mencakup peran pasar pemerintah dan keuangan, bersama dengan impor dan ekspor. Sejauh mereka tetap model aliran sirkuler, namun mereka tidak secara efektif model aliran satu arah energi melalui ekonomi. Itu aliran energi harus satu arah dan bukan aliran sirkuler merupakan konsekuensi dari hukum kedua termodinamika, hukum entropi. Kegagalan ini akhirnya memungkinkan model neoklasik untuk memperlakukan nilai-nilai lingkungan sebagai subkategori nilai ekonomi, dari pada melihat ekonomi kegiatan emplaced sebagai subkategori dari aktivitas manusia yang pada gilirannya merupakan subkategori kegiatan dalam ekosistem.



    Nama: Ika Himmatul Fitria
    NBI: 211007129

    BalasHapus
  13. Lingkaran uang mengalir melalui ekonomi adalah sebagai berikut : pendapatan total yang dihabiskan (dengan pengecualian dari "kebocoran" seperti menyimpan konsumen), sedangkan yang pengeluaran memungkinkan penjualan barang dan jasa, yang pada gilirannya memungkinkan pembayaran pendapatan (seperti upah dan gaji). Pengeluaran berdasarkan pinjaman dan kekayaan yang ada -yaitu : "suntikan" seperti investasi tetap- dapat menambah total pengeluaran

    BalasHapus
  14. THE CIRCULAR FLOW adalah arus edran dalam kegiatan ekonomi rumah tangga dan perusahaan yang saling berkaitan dan saling menguntungkan antra dua belah pihak.


    ulfa rainy mukadar
    211007174

    BalasHapus
  15. istilah the cercular flow adalah aliran melingkar pendapatan atau aliran sirkuler mengacu pada model ekonomi sederhana yang menggambarkan sirkulasi timbal balik laba rugi antara produsen dan konsumen.
    Model aliran sirkuler telah dikritik oleh ekonom ekologi karena gagal untuk menunjukkan bahwa perekonomian memiliki akar fisik di lingkungan yang lebih besar, dan karenanya untuk berada di akar neoklasik 'model ketidakmampuan untuk konsep lingkungan kendala efektif dan biaya, seperti global perubahan iklim dan hilangnya jasa ekosistem yang mengarah pada pertumbuhan ekonomis
    Lingkaran uang mengalir melalui ekonomi adalah sebagai berikut: pendapatan total yang dihabiskan (dengan pengecualian dari "kebocoran" seperti menyimpan konsumen), sedangkan yang pengeluaran memungkinkan penjualan barang dan jasa, yang pada gilirannya memungkinkan pembayaran pendapatan ( seperti upah dan gaji). Pengeluaran berdasarkan pinjaman dan kekayaan yang ada - yaitu, "suntikan" seperti investasi tetap - dapat menambah total pengeluaran.


    META PUTRI
    211007109

    BalasHapus
  16. the circular flow adalah arus edaran antara dua sektor ekonomi yaitu antara rumah tangga dan perusahaan,yang dimna rumah tangga sebgai faktor produksi bagi perusahaan.Dan perusahaan akan memproduksi sebuah barang yang akan dikonsumsi oleh rumah tangga dengan cara membelinya dengan menggunakan hasil yang rumah tangga dapat dari menjual faktor produksi.

    BalasHapus
  17. the circular flow adalah arus edaran antara dua sektor ekonomi yaitu antara rumah tangga dan perusahaan,yang dimna rumah tangga sebgai faktor produksi bagi perusahaan.Dan perusahaan akan memproduksi sebuah barang yang akan dikonsumsi oleh rumah tangga dengan cara membelinya dengan menggunakan hasil yang rumah tangga dapat dari menjual faktor produksi.

    RIZKY DWI WAHYUNINGTYAS
    NBI.211007102

    BalasHapus
  18. The circular flow adalah diagram perekonomian memiliki dua tipe pembuat keputusan, yaitu rumah tangga dan perusahaan. Perusahaan memproduksi barang dan jasa dengan menggunakan berbagai masukan,seperti tenaga kerja, tanah, modal (bangunan dan mesin). Masukan ini disebut faktor produksi. Rumah tangga memiliki faktor produksi dan mengonsumsi semua barang dan jasa yang diproduksi perusahaan tersebut.Rumah tangga dan perusahaan berinteraksi di dua jenis pasar. Di pasar barang dan jasa, rumah tangga merupakan pembeli dan perusahaan merupakan penjual. Khususnya, rumah tangga membeli barang dan jasa yang diproduksi perusahaan. Di pasar faktor produksi, rumah tangga merupakan penjual dan perusahaan merupakan pembeli. Di pasar ini, rumah tangga menyediakan masukan yang digunakan perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa.aliran sirkuler ini memberikan cara yang sederhana untuk mengorganisasikan semua transaksi ekonomi yang terjadi antara rumah tangga dan perusahaan dalam perekonomian.

    NAMA: MOCH NUR FUAD
    NBI : 211007114

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. The circular flow :
    adalah satu rantai kehidupan ekonomi dimana satu dan yang lain saling terkait sehubungan dengan kebutuhan manusia ...
    -antara rumah tangga dan pasar
    -antara pasar dan perusahaan
    -antara perusahaan dan faktor kebutuhan
    -antara pemerintah dan alur ekonomi tersebut
    semua saling terkait membentuk keseimbangan antara kebutuhan ekonomi ....

    Widyanto Eko Susetyo
    NBI : 220707602

    BalasHapus