Senin, 20 September 2010

Sirkulasi Dalam Makro Ekonomi

Gambar di atas, menunjukkan  sirkulasi aktivitas ekonomi makro yang menggambarkan ekonomi terbuka, hubungan antara Rumah Tangga (C), Pemerintah (G) dan Perusahaan/Swasta (I) serta Ekspor dan Impor (X-M).

68 komentar:

  1. perputaran pasar dunia yang menunjukkan marketser dan pangsa pasar baik impor maupun ekspor sears

    perputaran pasar dunia yg diimbangkan sesuai dgn kemampuan negara masing2..sesuai barang dan harga.

    BalasHapus
  2. Perekonomian dikatakan mengalami pertumbuhan apabila disertai dengan distribusi pendapatan yang membaik antara pertumbuhan ekonomi dan pemerataan dalam distribusi pendapatan

    BalasHapus
  3. perekonomian diatas saling bersinambungan....
    terdapat beberapa yg terjadi timbal balik misalnya sirkulasi uang yang meningkat sejalan dengan pengembangan aktifitas ekonomi seperti penyediaan infrastruktur fisik dan kebutuhan belanja lainnya. Bahkan organisasi civil society juga memperoleh arena baru dalam menjembatani relasi.

    siti ruhana NIB 211007107

    BalasHapus
  4. moneter yang semuanya mengarah pada penguatan sistem finansial dan ekonomi makro yang stabil, sehingga kegiatan ekonomi tidak terganggu dan kebutuhan masyarakat saling berhubungan dgn negara lain.


    21007111

    BalasHapus
  5. perekonomian suatu negara tidak hanya bergantung pada pemerintah saja,namun perekenomian negara akan menjadi kuat dan solid apabila terjadi suatu kesinambungan antara rumah tangga,pemerintah,dan perusahaan/swasta ini saling bekerjasama dan menunjukkan peran mereka masing-masing dengan baik.
    peran rumah tangga adl membayar pajak kpd pemerintah,menyediakan tenaga kerja yg potensial untuk memenuhi keb pasar tenaga kerja dan menyimpan pendapatannya pada pasar keuangan,menyalurkan barang dagangannya pada pasar komoditi
    dan hak dari rumah tangga adl menerima pendapatam dari pemerintah
    sedangkan peran pemerintah adl mentransfer stp pajak yg diperolehnya pada rumah tangga dan perusahaan/swasta yg membutuhkan modal/dana,pemerintah juga menyalurkan barang komoditi yang ada padanya pada pasar komoditi
    sedangkan peran perusahaan/swasta adl membayar pajak pd pemerintah,memanfaatkan barang komoditi yang ada utk dikelola,menyimpan pendapatannya pada pasar keuangan dan hak dari perusahaan/swasta adl meminta tenaga kerja yg potensial pd pasar tenaga kerja
    peran pmrntah,perusahaan/swasta ,dan rumah tangga yg efektif dan efisien akan mengundang perusahaan asing untuk menanamkan modalnya pd negara qt dan hub bhkn aktivitas ekspor dan imporpun akan berjalan baik karena pasar keuangan,pasar tnaga kerja,dan psar komoditi berjalan dan berfungsi dgn baik dan lancar.

    Nama :Agung Nugroho

    NBI :211007169

    BalasHapus
  6. perekonomian memeng sangat erat hubungannya dengan faktor finansial karena hal tersebut yang dapat memperlancar perekonomian...
    selain itu dipengaruhi juga dengan fakor permintaan pasar...

    nama: mira miftahul
    ekonomi/manajement

    BalasHapus
  7. perekonomian sekarang memang sangat sulit terhubunnya faktor pendapat dengan faktor laen nya menghambat perekonomian masyarakat dan tidak dapat memperlancar perekonmian masyarakat krana faktor permintaan pasar lebih besar dari pada yang di inginkan krana itu permintaan yg melebihi tidak saggup menckupi kebutuhan yg di inginkan pemasokan barang lebih sedkit krana itu pemerintah membuat faktor permintaan pasar agar masyaraka membeli barang dengan baik dan lancar

    nama : fendy h.p.

    nib ; 211007167

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. keterikatan perekonomian diatas adalah sngat erat,, sebab antara rumah tangga (konsumen)dengan pemerintah,perusahaan swasta dan ekspor impor saling membutuhkan dana/modal tergantung pada permintaan konsumen. disamping itu pemerintah juga bisa mengambil keuntungan dari kegiatan ekspor-impor yang dilakukan oleh perusahaan swasta, yaitu pajak.
    i kadek ardy w.
    NBI:211007101

    BalasHapus
  10. Hubungan aktivitas perekonomian seperti gambar diatas memang erat tak dapat di pisahkan satu sama lain.Aktivitas ekonomi tersebut menimbulkan ekonomi terbuka untuk umum. Seperti Rumah Tangga memerlukan barang - barang yang dibuat oleh perusahaan, perusahaan pun juga membutuhkan tenaga kerja dari masyarakat untuk menjalankan usaha tersebut seperti mengekspor ataupun mengimpor barang ke luar negeri...lalu peran pemerintah untuk menganalisa komoditas pasar yang terjadi pada aktivitas Ekonomi tersebut.

    Nama : Eko Budi Setiawan
    NBI : 211007138

    BalasHapus
  11. Pada dasarnya ekonomi makro adalah studi ekonomi secara keseluruhan yang menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi di bidang rumah tangga, pemerintah, perusahaan, serta ekspor import akan tetapi saling menguntungkan.
    .
    ekonomi makro dapat digunakan sebagai cara menganalisa target dan kebijaksanaan seperti pasar ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan neraca yang berkeseimbangan.
    .
    Dalam bagan statistik di atas menjelaskan financial market atau customer di utamakan dalam pangsa pasar bebas, lain halnya dari pihak keseimbangan dalam alur : bagan-distributor-marketing-konsumen.
    .
    Dan setiap bagan diatas saling menguntungkan dan membutuhkan dan mempunyai ADRT untuk pembukuan secara kondusif dan efisien untuk melihat neraca perbankan.
    .
    Ainul Basir
    NBI 211007097

    BalasHapus
  12. Ilmu ekonomi makro mempelajari masalah-masalah ekonomi utama sebagai berikut :
    Sejauh mana berbagai sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan ekonomi. Apabila seluruh sumber daya telah dimanfaatkan keadaan ini disebut full employment. Sebaliknya bila masih ada sumber daya yang belum dimanfaatkan berarti perekonomian dalam keadaan under employment atau terdapat pengangguran/belum berada pada posisi kesempatan kerja penuh.
    Sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil khususnya stabilitas di bidang moneter. Apabila nilai uang cenderung menurun dalam jangka panjang berarti terjadi inflasi. Sebaliknya terjadi deflasi.
    Sejauh mana perekonomian mengalami pertumbuhan dan pertumbuhan tersebut disertai dengan distribusi pendapatan yang membaik antara pertumbuhan ekonomi dan pemerataan dalam distribusi pendapatan terdapat trade off maksudnya bila yang satu membaik yang lainnya cenderung memburuk.

    Wilujeng Sinung Utami
    NBI.211007103

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

    WELLI KURNIAWAN
    NBI: 211007112

    BalasHapus
  15. dalam sirkulasi diatas menunjukan keterikatan masalah perekonomian. ekonomi makro tersebut menjelaskan perubahan antara rumah tangga,perusahaan,pemerintahan,dan ekspor impor.
    dalam hal ini perusahaan memperlukan banyak modal agar bisa memproduksi barang, lalu barang tersebut akan di ekspor dan di impor keluar negeri untuk mendapatkan pendapatan yang lumayan, pemerintahan bisa juga mendapat keuntungan dari perusahaan tersebut.
    dalam hal ini perekonomian bisa mengalami pertumbuhan dan disertai pendapatan yang lumayan baik.

    MOCH NUR FUAD
    NBI;211007114

    BalasHapus
  16. dari sirkulasi kegiatan ekonomi makro yang telah digambarkan itu dapat diketahui cara-cara mengukur besar kecilnya suatu pendapatan perusahaan sebagai cadangan devisa bagi suatu negara. yang di gunakan untuk menekan inflasi dari kegiatan" eksport atau import... sehingga pemerintah dapat mengukur kebijakan dalam mengatur lalulintas perdagangan baik itu eksport atau import yang bisa di monitoring kegiatan" tersebut melalui bursa saham,agar dapat berjalan lancar.

    Moh.Maskur azid
    NBI: 211007140

    BalasHapus
  17. pada dasar nya gambar bagan di atas adalah sutau proses perputaran pasar bebas yang lebih mengutamakan komsumen.
    sehingga saling menguntungkan satu sama lain.
    baik bagi rumah tangga,perusahaan,pemerintah serta ekspor impor,perdagangan baik dalan negara maupun internasional.

    (jerry anggriawan)
    (211007087)

    BalasHapus
  18. Apabila nilai uang cenderung menurun dalam jangka panjang berarti terjadi inflasi. Sebaliknya terjadi deflasi.Sebaliknya bila masih ada sumber daya yang belum dimanfaatkan berarti perekonomian dalam keadaan under employment atau terdapat pengangguran/belum berada pada posisi kesempatan kerja penuh.Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga,dan tenaga kerja lainya.

    ((HALVIN RUMLI))

    (211007096)

    BalasHapus
  19. prubahan ekonomi yg banyak mempengaruhi pertumbuhan dan disertai bertambahnya pendapatan yg membaik. dalam rumah tangga,prusahaan,pasar,pemerintah,serta ekspor-impor.


    (fery adhi)
    211007089

    BalasHapus
  20. ekonomi makro merupakan indikator ekonomi secara keseluruhan.Makro ekonomi menjelaskan tentang perubahan ekonomi yang mempengaruhi suatu perusahaan,rumah tangga.Makro ekonomi dapat digunakan untuk menganalisis cara mempengaruhi target-target kebijakan seperti stabilitas dan keseimbangan harga.

    BalasHapus
  21. ekonomi makro merupakan indikator ekonomi secara keseluruhan.Makro ekonomi menjelaskan tentang perubahan ekonomi yang mempengaruhi suatu perusahaan,rumah tangga.Makro ekonomi dapat digunakan untuk menganalisis cara mempengaruhi target-target kebijakan seperti stabilitas dan keseimbangan harga.

    Lie LiLiana . S
    NBI : 211007093

    BalasHapus
  22. Hubungan antar rumah tangga (C),pemerintah (G) dan perusahaan (I) serta ekspor dan import (X-M) saling berkaitan.Yang dimana rumah tangga (C) menyediakan faktor produksi bagi perusahaan (I). Perusahaan (I) menghasilkan barang yang dikenai pajak oleh pemerintah (G).Barang yang dihasilkan oleh perusahaan (I) bias diekspor kepada Negara lain.Ekspor dapat mengurangi jumlah pengeluaran Negara akibat import.Hubungan ketiganya dalam ilmu ekonomi dapat digunakan untuk menghitung pendapatan nasional dengan metode pengeluaran.Yaitu dengan cara menjumlhkan seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh rumah tangga ekonomi (C,I,G,RT Luar Negeri) selama 1 tahun.
    Yang ditulis dengan rumus :
    Y=C+I+G+(X-M)


    rizky dwi wahyuningtyas
    NBI 211007102

    BalasHapus
  23. perubahan ekonomi di sebabkan oleh perusahaan yg membuat barang dan masyarakat sebagai indikator ekonomi yg mengunakan barang atau jasa dan perusahaan membayar pajak kepada pemerintah daerah atau setempat dan perusahaan pun mengekspor barang ke negara lain dan sebalik nya
    masyarakat ekonomi membutuhkan pasokan barang yg di ingin kan lebih tau pun kurang
    perputaran pasar yg di inginkan masyarakat tidak sesuai dengan kemampuan negara atau masyarakat

    nama : bagus yaniansyah
    nbi : 211007166

    BalasHapus
  24. Sirkulasi pada gambar di atas semua memang mengacu pada satu titik yaitu Financial Market karena jenis-jenis kegiatan lain spt rumah tangga, perusahaan, pemerintah dll merupakan suatu kerjasama yang semuanya akan diolah d Financial market.

    BalasHapus
  25. Kegiatan sirkulasi gambar di atas tidak akan dapat berjalan lancar apabila dari pemerintah(G)tidak bisa menyeimbangkan antara pendapatan dan pengeluaran karena pada umumnya harga barang yang kita export lebih tinggi,akibatnya produk dalam negeri tergilas dan terganti oleh produk luar negeri,hal itu mempengaruhi pengeluaran dan pendapatan(X-M) di negara kita yang berdampak pada rumah tangga produksi dan masyarakat yg terbiasa dengan gaya hidup konsumeris tidak di imbangi dengan upaya untuk memproduksi barang sendiri,karena mahalnya harga kebutuhan pokok.


    Nama :Aditya Satria
    NBI :211007125

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Pendapatan bersih sektor rumah tangga yang dinamakan Disposable Income ( Pendapatan perseorangan netto )digunakan untuk membiayai konsumsi atau untuk membentuk tabungan. konsumsi terdiri dari pengeluaran - pengeluaran untuk membeli barang - barang konsumsi dan jasa - jasa yang doproduksi. Tabungan adalah sisa pendapatan netto dikurangi pengeluaran konsumsi.
    Pendapatan ( Nilai penjualan dikurangi biaya - biaya faktor faktor produksi dan dividen yang dibayarkan )dari sektor bisnis yang terdiri dari sejumlah uang guna menggantikan peralatan modal yang telah lusuh ( Depreciation )ditambah dengan penghasilan yang ditahan ( Retained Earnings or Undristributed Profit ) perusahaan - perusahaan.

    Sektor bisnis membeli peralatan modal yang digunakan dalam proses produktif. Pembelian modal dinamakan Investasi Broto ( Gross Investment ). sektor pemerintah menerima pendapatan dalam bentuk pajak yang diterima dari sektor bisnis dan rumah tangga. Pengeluaran pemerintah terdiri dari pembelian barang dan jasa dan pembayaran transfer terutamaa dilakukan kepada sektor rumah tangga dalam bentuk pembayaran untuk kesejahteraan ( Welfare Payment ), pembayaran untuk jaminan sosial ( di luar negeri )serta pembayaran asuransi pengangguran ( diluar negeri ),dsb. Pembayaran transfer merupakan penambahan atas pendapatan perseorangan netto dan pajak merupakan pengurangan dari pendapatan.

    Sektor luar negeri menerima pendapatan melalui ekspo barang - barang ke negarana ( perekonomian ) kita dan pengeluarannya berupa pembelian barang - barang dari perekonomian kita. Pada apa yang dinamakan pasar untuk faktor - faktor produksi, upah dan gaji, sewa, bunga dan laba dibayarkan oleh sektor bisnis kepada sektor rumah tangga sebagai imbalan untuk jasa - jasa faktor - faktor produksi seperti bahan mentah, tenaga kerja dan modal. Pada pasar untuk produk, sektor bisnis menjual barang - barang dan jasa - jasa yang di produksinya dan untuk itu diperoleh imbalan berupa uang yang dikeluarkan oleh keekmpat sektor yang ada.

    Haryanto
    211007130

    BalasHapus
  28. Kegiatan ekonomi yang telah digambarkan di atas dapat diketahui cara mengukur besar kecilnya suatu pendapatan perusahaan sebagai cadangan devisa bagi suatu negara.

    Dapat di gunakan untuk menekan inflasi,dari kegiatan eksport dan import,
    sehingga pemerintah dapat mengatur lalulintas perdagangan baik itu eksport atau import.
    Dan bisa mengontrol kegiatan tersebut melalui bursa saham.

    Nur Muhamad Budiman
    NBI : 211007171

    BalasHapus
  29. makro ekonomi yang menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak rumah tangga, perusahaan dan pasar.
    ekonomi makro juga dapat di gunakan untuk menganalisis cara terbaek untuk mempengaruhi target(pertumbuhan ukonomi)

    META PUTRI
    211007109

    BalasHapus
  30. semuanya saling berkaitan, karena satu sama yang lainnya memiliki sifat simbiosis mutualisme

    BalasHapus
  31. sirkulasi pada gambar di atas semua memang memang mengcu pada satu titik yaitu financil market.karena rumah tangga,pemerintah,perusahaan/swsta serta ekpor dan impor merupakan suatu kerjasama yang semuanya akan di olah di financial market.

    nama:afif amrullh
    nbi :211007121

    BalasHapus
  32. keseimbangan dalam hal pamasaran dunia mlai stabil baik impor maupun ekspor,dalam hal ni terlihat hubungan antar negara semakin bagu.

    pemerintah pun sudah dapat mengontrol hal tersebut dengan terperinci.

    Okky novianto s.b
    NBI:211007123

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. perekonomian diatas sangat berhubungan erat satu sama lain agar mendapatkan perubahan terhadap rumah tangga,perusahaan,pemerintah,dan ekspor impor.

    Hendrik ardiansah
    NBI:211007108

    BalasHapus
  35. perekonomian diatas sangat berhubungan eret satu sama lain agar mendapatkan perubahan terhadap rumah tangga,perusahaan,pemerintah,dan ekspor impor.

    hendrik ardiansah
    NBI:211007108

    BalasHapus
  36. Gambar diatas diasumsikan bahwa dalam analisis perekonomian terdiri dari RTK,RTP,RTN,RTLN,dimana yang di dalamnya sudah ada peranan pemerintah dan luar negeri berupa ekpor,impor.Keempat pelaku ekonomi tersebut saling berinteraksi dan berupaya dalam mengoptimalakan tujuan dari aktivitas mereka masing-masing seperti,bagi RTK mengoptimalkan keuntungan bagiRTN mengoptimalakn kesejahteraan masyarakat,dan bagi RTLN mengoptimalakan keuntungan dan kesejahteraan para pelakunya.
    SRI SUCI UTAMI
    211007094

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. sirkulasi aliran tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk,dan bentuknya tersebut dibuat sesuai dengan analisis ekonomi.
    Didalam analisis makroekonomi biasanya sirkulasi aliran pendapatan ini dibedakan menjadi tiga bentuk,yaitu untuk perekonomian dua sektor,tiga sektor,empat sektor,atau perekonomian terbuka.

    Budi Purnomo
    211007154

    BalasHapus
  39. Rumah tangga mensupllier tenaga kerja pada pasar tenaga kerja. Pasar tenaga kerja memberi upah pada rumah tangga, lalu rumah tangga mengkonsumsi dengan membeli product di pasar komoditas dg terjdinya export dan import.

    Dan juga sirkulasi aktivitas ekonomi makro yang berhubungan dg pendapatan nasional dengn metode Pendekatan pengeluaran, dengan cara menghitung jumlah seluruh pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu. Perhitungan dengan pendekatan ini dilakukan dengan menghitung pengeluaran yang dilakukan oleh empat pelaku kegiatan ekonomi negara, yaitu: Rumah tangga (Consumption), pemerintah (Government), pengeluaran investasi (Investment), dan selisih antara nilai ekspor dikurangi impor (X − M).
    Nama : rani yuliawati
    Nbi : 211007137

    BalasHapus
  40. Kegiatan ekonomi dua sektor hanya melibatkan dua pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga dan perusahaan.Dalam corak kegiatan ekonomi subsistem penerima-penerima pendapatan, dalam hal ini rumah tangga, tidak menabung, dan para pengusaha tidak menanam modal.Dalam kegiatan ekonomi seperti ini sekiranya sektor produksi menggunakan seluruh faktor produksi yang ada dalam perekonomian, pengeluaran sektor rumah tangga akan sama dengan nilai barang dan jasa yang diproduksi dalam perekonomian. Ini adalah gambaran yang sangat sederhana yang terjadi pada suatu perekonomian, di mana kegiatan perdagangan pada umumnya masih menggunakan cara barter.Dalam perekonomian yang lebih maju, penerima-penerima pendapatan akan menyisihkan sebagian pendapatan mereka untuk ditabung. Tabungan ini akan dipinjamkan kepada pengusaha yang akan menggunakannya untuk investasi, yaitu melakukan pembelian barang-barang modal.



    NAMA:YAN DWI PRAKOSO
    NIB:211007084

    BalasHapus
  41. hubungan antara perusahaan, rumah tangga,ekspo dan impor saling berkaitan erat stu sama lain, di mana rumah tangga menyediakan faktor produksi sedabgkan perusahaan menghasilkan barang yanang kemudian di ekspor.



    nama:syahrul romadlon a
    nib:211007128

    BalasHapus
  42. Dari analisis teoritis dari masalah seperti dalam perjalanan dengan realitas di negeri kita menunjukkan bahwa, dalam dua tahun Pemerintah telah menggunakan alat adalah kebijakan makroekonomi yang fleksibel untuk mengatur ekonomi tujuan-away masyarakat, khususnya kebijakan fiskal dan moneter kebijakan, khususnya sebagai berikut:
    + Pada tahun 2008, untuk mengendalikan inflasi, stabilitas makroekonomi, menerapkan jaminan sosial, dalam delapan kelompok solusi dilakukan mulai tanggal 3 Juni 2008, dan telah menyoroti yang paling cepat kebijakan moneter. Dengan inflasi yang tinggi (lebih dari 2% per bulan) pemerintah untuk melaksanakan kebijakan moneter ketat, melalui alat seperti Bank Sentral menaikkan suku bunga dasar, peningkatan persyaratan cadangan bagi bank komersial commerce, membuat tagihan wajib bagi beberapa institusi kredit utama, diskon terbatas jenis kertas yang berharga ... pertumbuhan lambat dalam rangka untuk menarik saldo kredit bank komersial, menyediakan total uang yang lebih rendah dalam sirkulasi ... mengakibatkan penurunan jumlah kalimat ekonomi, menciptakan keseimbangan baru dalam hubungan antara jumlah penawaran - permintaan agregat. Ketika ekonomi ke inflasi, ada banyak penyebab, termasuk langsung dan tidak langsung, tetapi selaluselalu tercermin dari mata uang, jadi "resep obat mata uang " ada yang tercepat.

    KHADAK ROHANI
    211007144

    BalasHapus
  43. Menurut saya Kegiatan Sirkulasi Ekonomi Makro sangat mempengaruhi pertumbuhan dari ekonomi,
    karena adanya suatu hubungan yang sangat berkaitan antara Pemerintah , Perusahan ,Dan Rumah tangga.
    aktivitas tersebut mempunyai pengaruh yang kuat bagi pertumbuhan ekonomi suatu Negara , jika ada kerja sama Yang baik dan juga keseimbangan antara kegiatan produksi , hasil produksi,dan komsumsi.
    demi mencapai Profit/laba (keuntungan)
    kesimpulanya . Pemerintah Memberikan Kebijakan-kebijakan Bagi Perusahaan , Rumah Tangga , maupun Perusahaan Asing . Demi terjalinNYA stabilitas Pertumbuhan Ekonomi Yang Baik...

    (R.Andrew.B)
    (211007098)

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Sirkulasi aktifitas ekonomi makro saling menguntungkan pihak pihak terdekatnya.Keterkaiatan 4 sektor tersebut bekerja sama untuk mencari pendapatan nasional dengan cara pengeluaran barang dan jasa seperti perusahaan melaksanakan eksport import barang dan jasa sehinga mendapat keuntungan .

    Leonard Alfreds
    (211007113

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Dalam bagan di atas cara kerjanya sama dengan sirkulasi Ekonomi dua sektor. Hanya saja di dalam bagan ini di tambah pemerintah yang berfungsi sebagai penerima pajak dari rumah tangga maupun dari pihak perusahaan atau pihak swasta. Lalu ketiga pihak tersebut (rumah tangga, pemerintah, dan perusahaan) melakukan penyimpanan di pasar keuangan sebagai investasi untuk melakukan ekspor-impor.

    Bintang
    NBI:211007158

    BalasHapus
  48. dalam ekonomi makro Rumahtangga(C),Perusahaan(I),Goverment(G),Tax(Tx),Transfer(Tr)Ekspor(Ex),Impor(Im) sangat berkaitan.
    Dan dalam menentukan pendapatan negara(GNP) adalah Rumahtangga(C) + Perusahaan(I) + Goverment(G) + (Tax - Transfer) + (Ekspor - Impor).
    Purwadi
    NBI:211007092

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Gambar diatas menjelaskan bahwa setiap Peranan-peranan yang di lakukan oleh Rumah Tangga,Perusahaan,dan Pemerintah saling terkait dalam hubungan perekonomian.

    BalasHapus
  51. dari gambar diatas pemerintah ikut berpengaruh terhadap rumah tangga kluarga dan rumah tangga perusahaan karena hasil pendapatan pemerintah dari 2 rumah tangga tersebut.
    pemerintah untuk memperoleh pendapatan dari rumah tangga keluarga yaitu pajak dan yang diperoleh dari rumah tangga dari pemerintahan adalah jasa barang-barang publik misalnya surat KTP,PBB,visa,Paspor dan sebaliknya dari pemerintahan untuk memperoleh pendapatan dari rumah tangga perusahaan adalah pajak ,sedangkan rumah tangga perusahaan memperoleh jasa barang-barang publik brupa surat perpajakan,surat ijin.
    pemerintah terhadap pasar barang dan jasa menjelaskan bahwa melakukan pengeluaran terhadap pemerintah dan dari pasar barang dan jasa ke pemerintahan mendapatkan barang-barang dan jasa dan dari pemerintah ke pasar sbr daya melakukan pengeluaran pemerintahan dan dari pasar sbr daya ke pemerintah mendapatkan sumber sumber daya.


    nama : rico voltadinata

    NBI : 211007091

    BalasHapus
  52. Gambar yang ada diatas menunjukkan bahwa ,,, Ketiganya bekerja sama untuk memperoleh keuntungan,, Pemerintah memperoleh keuntungan melalui Pajak yang ditanggungkan kepada Rumah tangga dan Perusahaan,,,, sedangkan Rumah tangga memperoleh keuntungan melalui perusahaan berupa Upah,, dan perusahaan menjual barang2nya kepada Rumah Tangga dan memperoleh keuntungan... Rumah Tangga menyediakan jasa dan perusahaan Menyediakan barang,,

    Nama : JEFFRY
    NBI : 211007134

    BalasHapus
  53. gambar-gambar diatas menjelaskan bahwa peranan antara rumah tangga,perusahaan,dan pemerintahan itu saling terkait.

    BalasHapus
  54. Dari analisis teoritis dari masalah seperti dalam perjalanan dengan realitas di negeri kita menunjukkan bahwa, dalam dua tahun Pemerintah mendapatakan penghasilan kebanyakan dari pajak adalah jasa barang-barang publik misalnya surat KTP,PBB,visa,Paspor dan sebaliknya dari pemerintahan untuk memperoleh pendapatan.sehingga perputaran antara rumah tangga dan perusahaan

    BalasHapus
  55. Dari gambar di stas menunjukan bahwa.. Ketiga elamen tersebut saling berkaitan erat antara yg satu dengan yg lainnya.
    Misalnya pada Rumah Tangga (RT) sangat membutuhkan bantuan berupa modal dari Pemerintah untuk mengembangkan usahanya. Begitu pula denga Perusahaan Swasta membutuhkan bantuan dari Pemerintah berupa modal apabila perusahaan tersebut sewaktu-waktu mengalami krisis keuangan.


    Nama: Anhaerullah
    NBI: 211007115

    BalasHapus
  56. dari gambar diatas menunjukkan bahwa 3 elemen itu memiliki keterkaitan satu sama lain untuk dapat memperoleh keuntungan dari hasil pajak masyarakat.

    dita sherlytanbi 211007153

    BalasHapus
  57. Pemerintah ikut berpengaruh terhadap rumah tangga, pemerintah dapat memperoleh pendapatan dari rumah tangga dan perusahaan yaitu pajak. sedangkan rumah tangga memperoleh balas jasa berupa upah.
    dan pada sirkulasi gambar di atas semua memang mengacu pada satu titik yaitu financial market

    BalasHapus
  58. Dari kegiatan ekonomi di atas menunjukkan bahwa hubungan antara rumah tangga (C), pemerintah (G), dan perusahaaan/swasta (I) semuanya saling ketergantungan satu sama lain dengan melalui expor maupun impor (X-M), misalnya: pemerintah (G) akan mendapatkan keuntungan melalui pajak, dan rumah tangga(C)mendapatkan keuntungan melalui perusahaan, sedangkan perusahaan mendapatkan keuntungan dari konsumen.
    Dalam sirkulasi aktivitas ekonomi makro terlihat bahwa hubungan pendapatan nasional dengan metode pendapatan pengeluaran dihitung dengan cara melihat jumlah seluruh pengeluaran untuk pembelian barang dan jasa yang di produksi oleh negara dalam periode yang sudah ditentukan. jadi dari semua kegiatan di atas semua terdapat pada satu titik yaitu financial market itu sendiri.


    Nama: Ika Himmatul Fitria
    NBI: 211007129

    BalasHapus
  59. Ekonomi merupakan keseluruan perubahan yang menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak misalnya: rumah tangga (household),perusahaan dan pasar.makro merupakan indikator untuk mengetahui pertumbuhan dan pembangunan .linkup dari ilmu ekonomi di bagi dua yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro yang di sirkulasikan gambar di atas menunjukkan titik financial market.


    NAMA:RIRIN INDRIYANA
    NBI :211007124

    BalasHapus
  60. kegiatan ekonnomi yang telah digambarkan pada bagan di atas dapat dipakai untuk mengukur besar kecilnya suatu pendapatan negara dan semuanya saling berkaitan satu sama lain, dimana rumah tangga sebagai penyedia faktor produksi sedangkan perusahaan menghasilkan barang yang kemudian diekspor.

    BalasHapus
  61. dalam gambar di atas menunjukan sirkulasi keterikatan masalah perekonomian.
    dalam sirkulasi tersebut di jelaskan bahwa hubungan antara rumah tangga, pemerintah, dan perusahaan semuanya saling ketergantungan dan berkaitan satu sama lain antara ekspor dan import.
    sehingga pada akhirnya terjalinNYA stabilitas Pertumbuhan Ekonomi Yang Baik.

    CRYSTAL VALENSIA SANTO
    NBI : 211007149

    BalasHapus
  62. Dari analisis teoritis dari masalah seperti dalam perjalanan dengan realitas di negeri kita menunjukkan bahwa, dalam dua tahun Pemerintah telah menggunakan alat adalah kebijakan makroekonomi yang fleksibel untuk mengatur ekonomi tujuan-away masyarakat, khususnya kebijakan fiskal dan moneter kebijakan, khususnya sebagai berikut:
    + Pada tahun 2008, untuk mengendalikan inflasi, stabilitas makroekonomi, menerapkan jaminan sosial, dalam delapan kelompok solusi dilakukan mulai tanggal 3 Juni 2008, dan telah menyoroti yang paling cepat kebijakan moneter. Dengan inflasi yang tinggi (lebih dari 2% per bulan) pemerintah untuk melaksanakan kebijakan moneter ketat, melalui alat seperti Bank Sentral menaikkan suku bunga dasar, peningkatan persyaratan cadangan bagi bank komersial commerce, membuat tagihan wajib bagi beberapa institusi kredit utama, diskon terbatas jenis kertas yang berharga ... pertumbuhan lambat dalam rangka untuk menarik saldo kredit bank komersial, menyediakan total uang yang lebih rendah dalam sirkulasi ... mengakibatkan penurunan jumlah kalimat ekonomi, menciptakan keseimbangan baru dalam hubungan antara jumlah penawaran - permintaan agregat. Ketika ekonomi ke inflasi, ada banyak penyebab, termasuk langsung dan tidak langsung, tetapi selaluselalu tercermin dari mata uang, jadi "resep obat mata uang " ada yang tercepat.
    dalam ekonomi makro Rumahtangga(C),Perusahaan(I),Goverment(G),Tax(Tx),Transfer(Tr)Ekspor(Ex),Impor(Im) sangat berkaitan.
    Dan dalam menentukan pendapatan negara(GNP) adalah Rumahtangga(C) + Perusahaan(I) + Goverment(G) + (Tax - Transfer) + (Ekspor - Impor).

    yunus suhendar
    211007116

    BalasHapus
  63. dari gambar di atas saling berkesinambungan
    apalagi rumah tangga,pemerintah,perusahaan swasta dan kegiatan ekspor impor yang semuanya dapat keuntungan masing-masing
    apalagi pemerintah yang mendaptkan pajak
    dengan perekonomian yang baik semua akan berjalan dengan baik pula termasuk dengan perekonomian rumah tangga,perusahaan dan kegiatan eksport dan import.
    ulfa rainy mukadar
    211007174

    BalasHapus
  64. Sebagian besar analisis ekonomi terfokus pada industri dan perusahaan, dengan perkembangan konsep pendapatan nasional dan statistik produk, menjelaskan fluktuasi antara hasil produksi dan tingkat pengangguran, sangat berpengaruh dalam sirkulasi ekonomi makro.

    IMAM AMIN
    210506663

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Sirkulasi Dalam Makro Ekonomi ada 4 yaitu :
    1. konsumen yang membeli barang-barang konsumsi (C)
    2. investor yang membeli barang-barang investasi (I)
    3. pemerintah yang melakukan pengeluaran melalui APBN, baik untuk tujuan konsumsi maupun investasi, seluruh pengeluaran itu disebut pengeluaran pemerintah (G)
    4. pihak luar negeri yang membeli barang-barang ekspor kita (X,M)

    dengan kata lain, GNP terdiri dari pengeluaran untuk mebeli barang-barang konsumsi, barang-barang investasi dan pengeluaran pemerintah untuk membeli segala keperluannya (konsumsi maupun investasi)

    YOGA AMIDA
    211007133

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. Di dalam sirkulasi makro ekonomi , terdapat alur yang menunjukkan keterkaitan dalam konsumsi , investasi , pemerintah , dan ekspor & impor ...
    Sebuah rumah tangga melakukan konsumsi untuk pada pasar komoditas . Ketika sudah terlihat hasilnya maka rumah tangga tersebut membentuk korporasi kerjasama pada permintaan tenaga kerja ,dimana tenaga kerja tersebut bepengaruh terhadap rumah tangga .....
    tentunya tak lepas dari pemerintah yang berperan dalam pajak ..

    Widyanto Eko Susetyo
    NBI : 220708602

    BalasHapus